Sunday, February 26, 2012

Cara Service Hasil Cetak Print Tidak Lurus atau Bayang Bayang

Pada kesempatan ini Mas Mukhlas akan mem-Post-ing cara service printer. Kerusakannya pada hasil cetakan yang tidak lurus, atau hasil cetakannya ada bayang-bayangnya, biasanya dibuat untuk cetak garis atau tabel akan menghasilkan garis double. Pernah mengalami hal demikian, mari simak cara mengatasinya.

Klik gambar untuk memperbesar


Bongkar printer (untuk cara bongkar printer epson seri C58,C90,T11,T20,T20E bi dilihat DiSini)

Amati encodernya. Encoder adalah pita sensor yg terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :

Penampakan Encoder Printer
Klik gambar untuk memperbesar




Encoder masih berada di printer (Canon)
Klik gambar untuk memperbesar


Encoder masih berada di printer  (Epson)
Klik gambar untuk memperbesar


 neh gan encodernya rusak kena cipratan tinta

Klik gambar untuk memperbesar

Kalau kasus ini : encoder kena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di encoder tersebut. untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, coba cara berikut yaitu dengan merendam encoder itu dengan air panas mendidih dan kemudian tinta coba dibersihkan dengan kuku tangan. tapi jangan sampai baris kodenya hilang. Kalau sampai hilang berarti anda harus mencari encoder yg masih bagus...

Tetapi misal tidak ada cipratan tinta tetapi masih tidak lurus atau bayang-bayang coba bersihkan encoder menggunakan tisu.
Biasanya encoder hanya kotor terkena pelumas rel head.

Klik gambar untuk memperbesar

 Selamat mencoba gan.......
semoga masalah-masalah printer agan-agan semua bisa teratasi.

138 comments:

  1. pas itu dg masalah sy dirmh. printer sy ada 5 kaya gitu semua... saya coba mas mukhlas... tks ya

    ReplyDelete
  2. mas masalah nya di tabel nya gk lurus bukan di tulisan nya gimana mengatasinya tu???? mohon cepat balas konsument dah ngantri

    ReplyDelete
  3. mas masalah nya di tabel nya gk lurus bukan di tulisan nya gimana mengatasinya tu???? mohon cepat balas konsument dah ngantri

    ReplyDelete
  4. hasil cetak tabel tidak lurus banyak faktor:

    1. Tersendatnya pergerakan cartridge karena selang modif yang berada didalam printer (solusi tata ulang penempatan selang modif)

    2. Head kotor (coba lakukan cleaning)

    3. encoder kotor (solusi ganti dengan encoder baru)

    ReplyDelete
  5. sudah ganti encoder, infus sudah dilepas, tapi tetep sama, garis tidak bisa lurus. So?

    ReplyDelete
  6. kalo masih tidak lurus coba rel untuk pergerakan carriage agan kasih pelumas.

    soalnya gerakan kalibrasi head yang tidak sempurna juga dapat menyebabkan hasil cetak tidak lurus.

    ReplyDelete
  7. ia bro aku udah coba relnya aku bersihin dan aku kasih pelumas dan ternyata garisnya udah mulai lurus. tadinya aku ganti encodernya ternyata tidak ada perubahan. mantap gan infonya... thank's

    ReplyDelete
  8. gan lakau cetakannya berbayang apa masalahnya ? kirim ke email ja gan : ali_240187@yahoo.com

    ReplyDelete
  9. tks gan, printer sya bisa lagi tidak berbayang hasilnya, trus kreatif gan.

    ReplyDelete
  10. thanks berat gan ... gua hampir putus asa, bawa ke tukang servis katanya kena 200 rb. eh ternyata hanya kotor doank encorder'y sekali lagi thanks berat gan ...

    ReplyDelete
  11. Itu permasalahan di head bro,, nozzle headnya sudak tidak bagus,, sehingga tinta yang keluar tidak beraturan,,

    ReplyDelete
  12. kalau head yang bermasalah hasil cetakan putus-putus, tetapi kalau berbayang atau tidak lurus 90% masalah ada dipergerakan cartridge (bisa encoder bisa juga rel carriage)

    ReplyDelete
  13. Pagi Mas Mukhlas,

    Saya punya print Epson t13 dan sekarang hasil print blur juga bergaris kecil2 tapi beraturan, seolah semprotan tinta berbentuk garis kecil.
    Sekarang jarak antara kertas dengan head printer saya buat sekitar 2mm, karena print tersebut sudah saya modif untuk print bidang rata.
    Mohon saran biar hasil print tajam ban merata
    Teima kasih

    ReplyDelete
  14. Pagi Mas Mukhlas,

    Saya punya print Epson t13 dan sekarang hasil print blur juga bergaris kecil2 tapi beraturan, seolah semprotan tinta berbentuk garis kecil.
    Sekarang jarak antara kertas dengan head printer saya buat sekitar 2mm, karena print tersebut sudah saya modif untuk print bidang rata.
    Mohon saran biar hasil print tajam ban merata
    Teima kasih

    ReplyDelete
  15. Wah kalo modif seperti itu untuk cetak bidang rata sih secara teknis hanya meninggikan posisi head seperti cara kerja pada epson r230. Tapi kalo ternyata hasil menjadi blur dan tidak pas presisinya berarti ada yang salah dengan penempatan atau headnya. Coba lakukan eksperimen dulu pada beberapa posisi kemudian cek juga pada noozle dan pencetakan garis untuk memastikan semua komponen berfungsi normal

    ReplyDelete
  16. cara bersihkan rel catridge pake pelumas apa?

    ReplyDelete
  17. Untuk pelumas kasih aja "Contact Cleaner" bentuknya tabung semprot seperti pelumas rantai sepeda motor chain lube. harganya 25 ribu. beli di toko elektro biasanya ada.

    ReplyDelete
  18. Muantab Mas Brooo, thanks berat, printer ane mxx 377 baru beli, langsung goyang inul kalau print excel, tapi kalau ane pake mx 377 g usah bongkar bos, cukup buka penutup depan dah keliatan encodernya, bersihin pelan pelan pake tisu n air panas, Alhamdulillah langsung maknyus, TOP dah

    ReplyDelete
  19. aq tdk bisa berkomentar apa2 lagi soalx aq dah baca semua dari atas kebawah,apa yg ada di benakku semua sdh terlontarkan.aq cuman ingin berterima kasih buat yg bertax dan yg menjawab. :)

    ReplyDelete
  20. tanks infonya Bro', abis tak lap pake tisue bagian encordernya trus langsung saya pake ngeprint. hasilnya joss endos gandoss pasti bledos....!!!! manstab banget!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  21. kalo buat ngeprint file A garis lurus terus.. tapi kalo buat ngeprint file B garis gak lurus???

    ReplyDelete
  22. Maaf gan belum pernah mengalami hal demikian.

    ReplyDelete
  23. gan.,mo nanya seputar hasil print yg tidak jelas dan putus2..

    Saya punya printer merek Canon IP2770. trus ketika dipake print kenapa hasil cetakannya kurang bagus yak.,?! persis kayak gambar tabel yg ada diatas. Selain garisnya yg tidak lurus, hasil printnya juga kurang jelas (buram) padahal tinta hitam dan warna masih ada.
    Oh iya.,sebagai info juga rel+encodernya udah saya periksa dan gak ada maslah apa2 (kotor/garis encoder hilang).,trus saya liat juga ada encoder juga cuma bentuknya bulat,ada di sebelah kiri printer juga saya periksa gak ada yg rusak.
    Kira2 yg bermasalah di mana ya gan?!

    Seklian juga.,printer saya juga kalo dipake print suaranya gak mulus,kayak putus2 gitu ya? Itu normal gak u/ printer canon ip2770?! Sorry ya banyak nanya.., :) thanks' ditunggu gan jawabannya.

    ReplyDelete
  24. banyak nanya juga banyak jawab ne.
    berdasarkan cerita adan, menurut saya cartridge agan yang rusak. ada cara mudah mengetahui cartridge sudah rusak atau belum. caranya adalah dengan melakukan noozle check / periksa mulut semprot. fitur ini ada di properties printer di tab maintenance / perawatan.

    coba lakukan noozle check satu kali kemudian amati apakah ada hasilnya yang putus. jika ada yang putus coba lakukan pembersihan tingkat dalam / cleaning.

    kemudian lakukan noozle lagi. dan bandingkan hasilnya dengan noozle yang pertama tadi. Apakah ada perubahan atau sama. kalo sama lakukan lagi dan bandingkan hasil dengan hasil noozle pertama. Kalo sama (Positif cartridge Rusak, solusi ganti cartridge)

    kalo hasilnya beda, cartridge masih bisa diselamatkan. dengan cara cuci head (ini ribet gan jelasinnya) mungkin lain kali kalo ada kesempatan saya buatkan tutorialnya.

    trus ada lagi misal printer digunakan print gerakannya putus2 itu masalahnya ada di mainboard gan. biasanya karena overheating. Sekian Terima Kasih.

    ReplyDelete
  25. waduh..,printer murah kenapa perawatannya ribet begini ya?!! saya juga barusan pergi ke tukang service.,padahal cuma digoyang2 selang infusnya,trus print 2 kali.,sama diset KUALITAS CETAk dari standar menjadi high. Begitu selesai.,(kalo gw bilang sih masih nihil) "berapa mbak?(pas yg jaga mbak2.,langsung celetuk aja, Rp 25ribu) dalam hati gile aja.,kan gak ada ganti onderdil!!

    gile tuh printer service-nya. kalo mesti ganti catridge bilang aja! ini cuma digoyang2 kayak goyang **** langsung kena 25ribu! edan.,oke gan ditunggu deh tutornya. salam hangat.

    ReplyDelete
  26. mungkin aja gan emang busa catridgenya udah kering.,tapi buat nambah2 ilmu aja gitu. keluhan ane sih sama,jadi hasil print masih putus2.,padahal udah di cek encoder -> bersih, rel catridge lancar -> udah disemprot pake contact cleaner, encoder bentuk lingkaran di sebelah kiri printer -> bersih.,

    mungkin emang catridgenya udah jelek.,hahahahahaaa...(padahal printer jarang dipake tapi catridge jadi rusak,aneh bin ajaib).

    ganti catridge Rp140ribu.,tahan dulu dah masih pengen beli yg laen dulu. hihihihihiihiiii... salam hangat.

    ReplyDelete
  27. iya gan, cartridge yang rusak tetapi belum terlalu parah alias putus tapi masih putus2 sedikit masih biasa diakali menggunakan settingan printer high. tapi ya gitu, ngeprintnya lama banget. tapi juga gak tahan lama. kalo udah berapa kali pakai akhirnya dah gak bisa diakali lagi.

    ReplyDelete
  28. bro q mw naya ne.
    Q pya printr canan.
    Terus mslh na bergaris2 terus sy liat encode na yg ktr. Saya bka printr si2 kiri n kanan. Terus disaat pasang kembli. Suara na keras bgt. Terus tempt catric na gk mw jalan lg dia nyangkut di seblh kanan. Apa t maslh na bro. Maklum bru pemula. Ap slh msg atau apa? Ditgu ya?

    ReplyDelete
  29. kok tdk diblz bro ayo lh.

    ReplyDelete
  30. Buat Bang Andre, Jawaban bisa dilihat di postingan ane ini Bang. Silahkan kunjungi :

    http://cara-mukhlas.blogspot.com/2013/04/cara-pasang-encoder-printer.html

    Jangan lupa komentarnya Bang.

    ReplyDelete
  31. sudah dicoba bersihin encoder ip2770 dan berhasil dengan sukses.
    terimakasih bang!

    ReplyDelete
  32. Tips yg brguna nih,, thanks gan !!
    bloginformatika.com

    ReplyDelete
  33. mas,mo nanya neh..
    printer canon mp 287 qu kalo dipake cetak full colors hasil cetakanx kok miring ea ??

    ReplyDelete
  34. mas,mo nanya neh..
    printer canon mp 287 qu kalo dipake cetak full colors hasil cetakanx kok miring ea ??

    ReplyDelete
  35. gw dapet ilmu lagi thks berhasil.....

    ReplyDelete
  36. Bang, mau nanya,.
    Knapa canon mp287 ane tinta biru ama merahnya kaga mau keluar yah??
    Padahal tintax mash bnyak, plus ane udah cleaning berulang2, nozzle check juga udah, tapi hasilnya ttp kagak keluar..
    Trims abang..

    ReplyDelete
  37. Coba lepas cartridge kemudian tempelkan head ke tisu, apa ada bekas tinta keluar warna biru, merah, kuning.

    Kalo keluar berarti head rusak. Solusi ganti cartridge Kisaran Harga 170Rb

    Kalo Tidak Kemungkinan Head Kering Solusi Rendam Kepala Head menggunakan head cleaner Harga 12Rb (Biasa) 50Rb (Bagus) dan sedot menggunakan toolkit (harga 50Rb)

    ReplyDelete
  38. bro q sdah ganti encoder na tp kok msh berbayang apa t mslh na blz ya dtgu

    ReplyDelete
  39. thanks banyak gan
    info nya manjur banget..

    tetap berkarya gan...

    ReplyDelete
  40. mas mukhlas, ane mau tanya kenapa pada printer epson stylus c58 punyaku hasil cetaknya kosong (gak ada hasil/warna sama sekali) padahal semuanya lancar?

    ReplyDelete
  41. maknyooossss.... thanks gan atas share nya.... otak atik encoder, sampe ganti baru ttp kaga mau... ehhh ternyata minta dikasih minyak goreng gan.... hehehe....

    ReplyDelete
  42. siiiiiiiiiiiiiiip printer saya udah hasil nya ngak putus putus cuman kenapa ya hasil prinan nya basah tapi biasa nya ngak baru baru ini aja tapi

    ReplyDelete
  43. basah seperti luber gitu kah gan, kalo iya biasanya tempat jalannya kertas kotor gan, bersihkan aja pakai tisu. tapi yang paling sulit kalo bagian roll yang kotor. harus telaten bersihinnya.

    ReplyDelete
  44. Gan aq pnya epson tx111 hasil cetak berbayang/double kasih solusinya gan .

    ReplyDelete
  45. coba rel untuk pergerakan carriage agan kasih pelumas.

    soalnya gerakan kalibrasi head yang tidak sempurna juga dapat menyebabkan hasil cetak berbayang.

    ReplyDelete
  46. udah tak kasih pelumas tp masih tetep berbayang,
    encodernya udah tak bersihin msih tetep berbayang jga,tu apanya ya gan?

    ReplyDelete
  47. makasih bgt buat anonim, printer MX377 sempat goyang inul, krn pnya ktr jd merasa bersalah bgt. krn tips'a yg ok. skrg udh sip lg printer'a..
    ty bgt ya mas bro..

    ReplyDelete
  48. kalo printernya pakai modif coba modifnya lepas dulu. jadi pakai cartridge langsung tanpa modif.

    ReplyDelete
  49. gan, ane sudah bersihin encoder nya trus rel cartridge nya ane kasih pelumas, dan juga timing disk nya ane bersihin, tapi hasil cetak table tetap gk rata di garis vertikal nya,, trus gimana lagi solusi nya gan??? trims

    ReplyDelete
  50. selang modif nya udah ane lepas juga gan tp hasilnya tetap gk rata

    ReplyDelete
  51. coba lakukan noozle atau menu periksa mulut semprot. apakah hasil noozle bagus?

    ReplyDelete
  52. thank you mas bro...
    informasinya berguna banget...
    :D

    ReplyDelete
  53. terima kasih banget mas bro...printer 1000 umat saya sudah siap tempur lagi...

    ReplyDelete
  54. sudah ganti cartridge baru, infus dilepas, encoder sudah ganti, motor dan carriage sudah ganti juga.. tapi hasil printnya masih sama saja.. ada solusi buat ane gk Mas Mukhlas.. kalau nozzle juga hasilnya bagus..
    namun kalau cetak tabel, garis vertikalnya masih bengkok... kalau pakai kualitas high baru bisa lurus, kalau standar masih bengkok.. terima kasih ilmunya sebelumnya

    ReplyDelete
  55. kalo untuk memperbaiki hasil print warna yang eror bagaimana ya

    ReplyDelete
  56. Printer saya Epson TX111 mas,,
    hasil cetak warna merah aja yang tidak beraturan. Saat saya check nozzle hasil cetak yang warna hitam, kuning, dan biru beraturan menyerupai bentuk anak tangga, sedangkan yang warna merah tidak beraturan seperti yang lain. Sudah saya coba Print Head Alignment juga tapi hasil cetak yang warna merah tetap tidak beraturan. Apa masalah tersebut sama seperti yang di atas mas?

    mohon analisanya dulu mas, sebelum printer saya lakukan perawatan seperti yang di atas.

    ReplyDelete
  57. thank's mas... printer saya tadi malam error. miring ama berbayang. tuisan jadi 2, kecuali tulisan bold. setelah saya bersihin scanner nya pake tissu, alhamdulillah mas. sae deui sapetos tadina.

    ReplyDelete
  58. mas bro thanks a lot, makasih buanyak-buanyak printer ane dah normal kembali

    ReplyDelete
  59. mas bro, printer saya canon mx377 error b520, mohon petunjuknya terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  60. MAS GIMANA CARA MBONGKAR CANNON MG 2770?
    printer saya masih baru, kok hasilnya klo ngprint tabel ,, garisnya bengkok2 hhdee.
    mw bersihin encoder tp g tau cara mbongkar MG 2770

    ReplyDelete
  61. atas semua percakapan di atas ternyata besar sekali manfaatnya terimakasih

    ReplyDelete
  62. mas, saya pake printer HP Deskjet 1050 dan ngalamin masalah yg sama. kalo nyetak tabel atau garis vertikal hasilnya jadi miring, malah sekarang udah nggak bisa sama sekali. kalo nyetak teks biasa bisa, tapi kalo nyetak garis vertikal malah cartridgenya nggak bisa bergerak. saya udah lumasin rel cartridge carriernya tapi hasilnya masih sama aja. mohon solusinya mas

    ReplyDelete
  63. Untuk printer HP ane gak bisa bantu gan. Bukan spesialis ane.

    ReplyDelete
  64. saya coba mas....thankz info nya.

    ReplyDelete
  65. share yang membantu untuk dicoba. kunjung balik canonprinter99x.blogspot.com "canon experiment jobs"

    ReplyDelete
  66. mas epson l100 saya dh saya buka trus bersihin encodernya...
    trus sensor yg buat baca encoder saya lepas
    waktu masang sensornya posisinya gimana ya...
    kira2 ada jarak yg tepat gx wat...sensor ama encodernya...
    soalnya waktu dipasang ulang gearnya tetap ribut banget...
    thanks gan

    ReplyDelete
  67. Betul gan....rel saya kasih pelumas
    cetakan lurus kembali....
    trims infonya MantaP.

    ReplyDelete
  68. bagaimana caranya mengatasi printer yg hasil prinannya berbayangan dan loncat-loncat

    ReplyDelete
  69. Kak mukhlas mohon pencerahan ane ada problem dgn printer canon ix6560 hasil cetak tinta blkpg nya berbayang setelah di clin ada perubahan sedikit...tp tetap gk maksimal.. ane mo bongkar tuk bersihin encorder gak berani....mohon tutorialnya....trimakasih

    ReplyDelete
  70. mas muklas..printer saya mp 237.hasil cetakannya garisnya gak lurus dan tulisannya berbayang.pas di pemeriksaan mulut semprot hasil yg warna bagus tp hasil yg item bengkok2.mohon bantuannya mas,,thanks

    ReplyDelete
  71. kalau saya sih sunat dulu aja tuh printer, biar lurus. hehee

    ReplyDelete
  72. sangat bermanfaat Tutorialnya gan... Salam sukses selalu.. :)

    ReplyDelete
  73. Mas printer saya seri canon mx437, untuk cetak tabel dengan tinta black only hasilnya tidak bisa lurus, namun jika menggunakan tinta color only hasil hasilnya normal hasil cetak tabel lurus sempurna. kira-kira kenapa ya mas?
    untuk encoder sudah sy bersihkan tp untuk tinta hitam tetap aja kacau

    ReplyDelete
  74. thank u mas brow, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  75. mas saya mau tanya.. printer saya baru beli sekitar 2bulan.. cannon mp237..
    tdi pagi saya ngeprint empat lembar pertama normal.. selanjutnya bergaris..
    nah saya udah bersihin print head pake tissue, tinta catridge juga masih.. metode di maintenance udh saya coba.. waktu saya coba buat ngeprint lagi kok malah hasil print kosong.. kenapa ya mas? hhe.. ribet emosi mas.. maklum cewek

    ReplyDelete
  76. Mantab mas bro normal lagi nih printer. Makasih

    ReplyDelete
  77. Printer canon ip2770 saya tinta warnanya nyampur antara cyan dan yellow.. magentanya malah nggak mau ngalir.. kenapa ya itu?

    ReplyDelete
  78. thanks Mas Mukhlas...tutorialnya mangstabbb...printer epson L110 saya normal kembali, tadinya berbayang n udah dicoba semua yg ada di Maintenance ga ngaruh eh...setelah nyoba tutornya Mas Mukhlas jadi tokcer :D

    ReplyDelete
  79. misi gan ane mau coment dikit, sama ne printer ane bayang tulisannya. awalnya saya mau ikut saran diatas tapi saya analisa dan coba mencoba akhirnya nemu juga gan. jadi gini printer ane canon mp 237 sama dah hasilnya bayang. ternyata stop kontak nya los kontak ato kurang pas atau ngefong. nah akhirnya saya belikan colokan T nah mulus lagi dah

    ReplyDelete
  80. Belum pernah nemuin solusi seperti Mas Sony Sugi, thanks share pengalamannya.

    ReplyDelete
  81. teguh
    18-06-2014

    aku pny ip 2770 hasil print table sebelah kiri sigsag,encoder di samping yg berbentuk lingkaran maupun yang di depan (yang panjang) sudah bersih.Untuk cetak tulisan hasinya bagus.mohon solusinya Gan.

    ReplyDelete
  82. Makasih banyak gan. Untuk usaha seperti saya yang setiap hari butuh print. Kalau printer bermasalah gini gawat bgt

    ReplyDelete
  83. Thaks mas artikelnya sangat membantu karena kasus sy sama yg diatas dan sudah saya coba work dua jempol utk Mas Mukhlas. Salam kenal

    ReplyDelete
  84. mas admin saya pny printer epson stylus tx111 pas dipake ngeprint hasilnya putus2. cb di test print page hasilnya putus2 buram. udh di head cleaning, nozzle check, udah jga dan hasil di warna hitam gk garis lurus tapi putus2. apa pertanda catridge rusak / malah board yg rusak? ada cara lain gk ya?

    ditunggu ya redponnya. makasih..

    ReplyDelete
  85. Menurut saya headnya bermasalah, coba cuci head

    silahkan kunjungi :

    http://cara-mukhlas.blogspot.com/2012/12/cara-cuci-head-epson.html

    ReplyDelete
  86. GIMANA KALAU KABEL ECODER DAN TIME DIKSNYA DI TES DI TEMPAT LAIN MASIH BERGARIS JUGA

    ReplyDelete
  87. Gimana cara buat 1 PC bisa ngeprint di 3 printer Canon Ip 2770

    ReplyDelete
  88. mas, sy punya masalah dalam mencetak dokumen bergambar sperti foto atau ijazah. kalo mencetak dokumen biasa sprti makalah, tulisannya normal2 sj. tapi kalo sy mencetak ijazah dan foto, hasil cetakannya berbayang2..
    Cara mengatasinya sama dgn cara di atas atau ada cara lain?
    Terima Kasih

    Tokoh Penemu dan Perintis Dunia

    ReplyDelete
  89. Salam kenal,
    mas, printer epson ku tipe T13, di nozle cek normal dan bagus, tp waktu buat ngeprint tabel misalnya, garis horisontalnya normal, tp garis vertikal lurus tapi dobel.
    udah ganti encorder tetep aja hasilnya. kenpa ya mas? Trims.

    ReplyDelete
  90. gan yang dimaksud itu pita yg seperti mika toohg??
    trus kalo tintanya lengket??

    ReplyDelete
  91. mhon solusinya printer canon suka eror gannn

    ReplyDelete
  92. MANTAP GAN, MESIN PRINTER SAYA CANON E500 JADI NORMAL LAGI, YANG SEBELUMNYA MENGALAMI MASALAH DI BAGIAN PITA BENING DI BELAKANG CRATIDGE, STELAH AKU PERIKSA PADAHAL KOTOR ALIAS TERKENA TINTA, DAN SETELAH SAYA BERSIHKAN JADI NORMAL LAGI MAKASIH GAN INFONYA,

    ReplyDelete
  93. kalau hasil cetaknya mbayang seperti dobel itu kenapa ya gan

    ReplyDelete
  94. Assalaamu'alaikum Mas Mukhlas, jazakumullahukhoir..

    ReplyDelete
  95. Assalaamu'alaikum Mas Mukhlas, jazakumullahukhoir..

    ReplyDelete
  96. Assalaamu'alaikum Mas Mukhlas, jazakumullahukhoir..

    ReplyDelete
  97. Gan kalo 1390 ngeprin tabel garis pertikal nya gak lurus, knapa yah??

    ReplyDelete
  98. Gan kalo 1390 ngeprin tabel garis pertikal nya gak lurus, knapa yah??

    ReplyDelete
  99. gan, beli kabel-kabelnya di mana ya?

    ReplyDelete
  100. terimakasih banyak mas, saya udah pusing, udah ganti motor pf, udah ganti sensor yang dibawah head, belum juga berhasil, led tinta ama kertas berkedip2, dan udah di resset pun nggakjuga bagus, akhirnya ternyata cuma masalah pada encodernya yang kena pelumas..... sekali lagi thank's ya....

    ReplyDelete
  101. Saya sangat terbantu dengan artikel ini. Printer Pixma MG3570 yg baru dipakai 1 minggu hasil cetaknya dobel kini sudah normal. Sekalian dapat ilmu baru. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  102. makasih bro... MANTAP..... jadi BRO... saya bookmark nih web...

    ReplyDelete
  103. mas, saya punya printer l210 hasil berbayang keseluruhan (double) untuk ngeprint biasa, tetapi kalau untuk cek nozle hasilnya bagus, kalau seperti itu masalahnya apa ya? saya sudah pusing memperbaikinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lakukan cara diatas... bersihkan sensor pita.. dan kasih pelumas pada rel

      Delete
  104. kang saya punya printer mp 287 kondisi baru new baru . . dari toko.. . pertama kerusakanya dibuat garis , warna hitam garis nya gk lurus. .langsung saya cek sensor pita nya.. bersih. . rel nya juga aman.. saya coba lagi garis tabel nya saya ganti warna biru. ehhh teryata lurus.,!!! bngung dehh. dgnti warna bru lurus. diganti warna hitam lagi., hasilnya sama gk lurus.. bgung.. coba ambil lagi katrid baru. masih bungkusan.. hasil tetap sama gk lurus.. !!! solusinya gmna ini.. padahal katrid hitamnya baru lepas segel.. . smpai nyoba ganti katrid baru 2 kali.. .

    ReplyDelete
  105. Artikelnya 2013
    Ane mau nanya gan di 2016
    Ane punya masalah juga kek agan2 yg diatas, printer ane epson l800 printer masih baru kira2 6bulan, masalahnya hasil cek nozzle ada dua garis warna magenta sama cyan, terus buram di cek nozzlenya, ane liat encoder bersih, tapi belum coba dibersihkan, kalo udh dibersihkan masalah masih belum teratasi apakah print headnya kena ya gan? Makasih....

    ReplyDelete
  106. saya cetak tabel dengan tinta warna normal. tapi kalo pake hitam, seperti gambar di atas. supaya print tabel dengan tinta hitam lurus harus mode pencetak tinggi.

    ReplyDelete
  107. Terima kasih gan.. info nya sangat membantu
    Sekarang print tabel udah lurus lagi

    Makasii banget gan

    ReplyDelete
  108. pelumasnya oli bkan, atw minyakgoreng...

    ReplyDelete
  109. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  110. gan printer saya L110, uda saya ganti pita ecoder sama relnya uda saya kasi pelumas tpi hasilnya masih bayang bayang

    ReplyDelete
  111. Wohoho... Tengkyu bang...
    .
    Printer di Kantor sekarang dah balik lagi ke semula...
    emang bener, ada kotor2dikit di pita cartridge nya... :>
    .
    Regards

    Admin ZH-Skin

    ReplyDelete
  112. Thanks ya min, udag share infonya prhnter ane udah normal lagi, bermanfaat bgt infonya

    ReplyDelete
  113. Mau nanya gan...apakah penyebab hasil print bergaris merupakan penyebab encorder kotor atau rusak.. Soalx aku udh 2x beli catridge dalam 2 tahun hasilnya tetap bergaris mendatar di bagian2 tertentu. Mohon pencerahanxgan

    ReplyDelete
  114. Selain hasil print ga lurus ada ga masalah lain yg di sebabkan Encoder rusak ?

    ReplyDelete
  115. Thanks infonya...sangat membantu.dibuat pusing ama printer,semalaman begadang mbetulin.ternyata penyakitnya hanya encoder kotor terkena pelumas rel head.

    ReplyDelete
  116. gan,printer saya L110 kalo buat ngeprint foto full color hasilnya jadi bengkok,trus pas udah selesai cetak ada suara keras dari printernya,minta solusinya gan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kertasnya sebelum dipasang ke printer tiap sudutnya detekuk sedikit kebelakang. pengalaman saya kertas nyangkut karena sudut kertas posisinya tidak lurus bahkan cenderung menekuk ke depan sehingga nyangkut ke head.

      Delete
  117. mantap gan pelajaran membatu sekali, tak pikir catridge saya yg rusak, ternyata pita encodernya. trimakasih gan, membantu sekali.

    ReplyDelete
  118. Gan nanya,printer epson l100 yg warna item nya ga lurus,tapi kalo pake warna lain hasilnya bagus,kira2 itu masalahnya dimana ya? Udah coba clean ga ngaruh juga, padahal tinta hitam masih ada

    ReplyDelete
  119. gan aku punya printer l350 saat ngprint ada suara kartrid seperti berat berjalan trus hasil fotonya glepotan gambar dobel disebelahnya , kalao pas lagi normal hasil fotonya agak gelap tidak bersih putih seperti aslinya apa karna blakangan ini aku ganti tinta gak ori lagi ya?

    ReplyDelete
  120. mas saya punya printer, saya rawat baik baik, saya ajak jalan jalan tiap pagi, saya kasih makan tiap hari, kadang ya dia saya beri makanan saya supaya dia senang, tapi KENAPA!!! KENAPA!!! harus terjadi, catridgenya kalo print buram, dan tipis warnanya, saya bawa ke rumah sakit terdekat katanya sudah tidak tertolong,mohon bantuannya ya, yang peduli like dan comment, satu like 1000 doa, OOOOHHH PRINTERKU

    ReplyDelete
  121. Mas gmna cara memperbaiki kalau sebagian hasil cetakan di word kelihatan tebal.?? Jadinya sebagian kelihatan seperti di bold tapi sebenarnya tidak di bold. Dan itu hanya beberapa baris sj dlm 1 paragrraf.
    Gmn cara memperbaikinya yah? Mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  122. gan sy punya epson L350, setiap ngeprint selalu melewati batas area kertas ga bisa pas padahal setingan segala macam di pc sdh bagus?? mohon dijawab ya gan. makaseh

    ReplyDelete
  123. alhmdulilah berkat petunjuk ini printer canon MP237 dh aman, bersihkan pitanya dh jadi

    ReplyDelete
  124. ka, saya kan baru beli printer(canon mp287), trus buat ngeprin teks, biasa aja, ga ada garis. pas ngeprin gambar, ko ada garis-grisnya,. padahl udah clening. tetap ga bisa mulus. itu kenapa ya ka??

    ReplyDelete
  125. Mas mau tanya, Canon MP237 sudah ganti pita encoder tetapi error tidak mau on printer (lampu berkedip terus), sudah coba di reset manual tapi gak berhasil. Apakah masalahnya ?

    ReplyDelete
  126. Mas.smua sy coba tp hsil y nihil
    Smua sy cek hasil y masih bgus bhkan nozele cek jg masih bgus
    Tolong solusi ya mas

    ReplyDelete
  127. Mas Muklas saya punya epson M100 headnya sudah saya ganti baru, encoder/decoder sudah saya bersihkan,rel sudah saya lumasi tp klo dibuat cetak tabel print standart hasil garis vertikalnya bengkok tp klo high bagus, kira apanya ya? thanks atas bantuannya

    ReplyDelete
  128. Garis PGBK ganda.. Mohon solusinya

    ReplyDelete

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...