Cara Reset T13 Blinking Berkedip Merah dan Hijau Bergantian

Mas Mukhlas mau bagi pengetahun lagi nich, buat tabungan di akhirat kelak. Maklum Mas Mukhlas sebagai manusia biasa ne banyak dosanya.

Postingan kali ini membahas blinking pada printer T13 yang mengalami masalah blinking merah dan hijau bergantian. Perhatian : Cara ini tidak bisa digunakan untuk mengatasi blinking hanya pada warna merah.


Kenapa terjadi blinking merah dan hijau bergantian? 
Printer Inkjet pada semua tipe, memiliki sensor untuk menghitung berapa jumlah kertas yang telah tercetak dan hal ini akan terus diakumulasikan hingga mencapai batas yang telah ditetapkan oleh masing-masing vendor printer. Apabila batas tersebut telah tercapai maka akan terjadi overload dengan ciri-ciri lampu akan berkedip bergantian (merah-kuning untuk epson, atau hijau-oranye untuk canon) kejadian ini disebut dengan Blinking.
Sebenarnya Blinking maupun waste ink sebagai counter (penghitung) dimana kegunaan counter ini adalah untuk prepare jangan sampai limbah tinta di dalam printernya melebihi kapasitas busa / padnya (waste pad) sehingga kepenuhan dan luber, kalau sudah luber malah kotor khan .. dan bisa merembes ke part yang lain.
Klik gambar untuk memperbesar



Kalau Anda memperhatikan modifikasi printer Epson atau Canon dengan menggunakan tinta infus, selalu dipasang botol kosong dibelakang body printer tersebut. Mengapa ? Hal ini dilakukan agar yang dibuang pada saat pertama printer dinyalakan ataupun pada saat proses cleaning tidak memenuhi busa penampungan

Bagaimana cara mengatasinya tinta yang luber di bagian belakang printer?
Untuk mengatasi tinta yang luber bisa dengan memasang botol pembuangan, tetapi jika terlanjur luber didalam maka harus dengan membongkar printer kemudian mengambil busa penampungan tinta dan dicuci dengan air kran, keringkan kemudian pasang kembali.

Kemudian bagaimana cara mengatasi printer T13 yang blinking merah dan hijau bergantian?
Caranya adalah dengan mereset printer T13 dengan sebuah software. Ini tutorialnya :

1. Langkah pertama tentunya printer epson T13 harus sudah terinstall drivernya. Untuk Download drivernya di download driver epson
bingung cara download dari adf.ly klik disini

2. Download software resetter Epson T13 dulu. Software bernama Resetter T13, anda dapat download di sini Klik

3. Tanggal komputer tidak perlu dirubah seperti resetter sebelumnya.

4. PENTING !!! Matikan Antivirus anda, karena resetter T13 ini dideteksi sebagai virus oleh antivirus. (tetapi jangan kuatir, software ini aman)

5. Jalankan program resetter Epson T13 dengan double klik di "AdjProg.exe".

6. Kemudian ikuti gambar berikut ini :

Klik gambar untuk memperbesar


Klik gambar untuk memperbesar


Klik gambar untuk memperbesar



  
Klik gambar untuk memperbesar


   
Klik gambar untuk memperbesar


Klik gambar untuk memperbesar

"Check : digunakan untuk cek counter yang maksimal 7800 point, anda dapat melihatnya di main pad counter. Kalau lebih atau mendekati 7800 point berarti printer perlu di reset"
"Initialization : digunakan untuk mereset atau mengenolkan kembali counter printer"

7. Setelah selesai matikan printer kemudian nyalakan lagi. Printer akan nyala dengan lampu berwarna hijau penuh. Berarti printer Epson Stylus T13 yang blink tadi sudah siap digunakan kembali.
 

13 Response to Cara Reset T13 Blinking Berkedip Merah dan Hijau Bergantian

16 Desember 2012 13.01

kalau kasusnya error karena "General Error" mas? gmn solusinya ya? thx

19 Desember 2012 10.03

general error itu kemungkinan besar kerusakan terjadi karena pergerakan carriage tidak lancar. bisa jadi selang modif nyepit di printer atau rel butuh pelumas.

Anonim
1 Januari 2013 17.04

Mas Mukhlas, bagaimana kalau Tinta Epson tidak terbaca. dan semua lambang tinta ada tanda silang ?

1 Januari 2013 17.06

Mas Mukhlas, bagaimana kalau Tinta Epson tidak terbaca. dan semua lambang tinta ada tanda silang merah ?

1 Januari 2013 17.08

saya udah coba reset printer dgn cara manual terus lanjut di head cleaning. tapi tetap saja printer Epson masih Blinkink. biasanya apa kendalanya mas ? sy tanya ke tukang servis mother boardnya kena. lampu indikator merahnya nyala terus. di tunggu untuk jawabannya.

1 Januari 2013 19.22

Kalau cartridge tidak terdeteksi ada dua kemungkinan :
1. Cartridge minta reset (reset ini bukan reset software tetapi reset cardridge, biasanya diatas cardridge ada tombol kecil ditekan tahan min 5 detik)
2. Chip Cardridge memang benar-benar rusak (tidak ada solusi kecuali ganti.

1 Januari 2013 19.26

Kalau mobo rusak sih harus dilakukan tes terlebih dahulu. Tetapi berdasarkan pengalaman saya selama service printer kalau cuman sekedar cardridge ada tanda silang saya ganti cardridge baru sudah OK lagi. paling harga cardridge baru sekitar 45rb.

13 April 2013 08.56

mas kalo resetternya ga deteksi printer knp y mas?

15 April 2013 20.26

Kalo gak deteksi printer, emmm....
portnya sudah bener gak ne gan. jangan-jangan salah setting port. kalo misal dah bener semua tapi masih gak bisa coba gunakan resetter lain aja gan. cari digoogle banyak. Siapa tau resetternya emang rada error. Tapi selama ane pakai resetter ini tidak ada masalah. Semua FIX

Anonim
18 Juni 2013 23.01

resetterT13.rar.exe -> Aplikasi.
hati-hati banyak Adware-nya. cari Adjustment program dari yang lain saja...

cari dengan kata kunci "T13 by OrTHoTaMiNe" di Google.

Anonim
18 Juni 2013 23.02

jangan matikan antivirus..

22 Juni 2013 04.48

Ada ada aja agan yang satu ini, resetter ane aman gan. no virus / adware / apalah. Cuman agan aja yang gak bisa downloadnya. Link resetter di blog ini diarahkan ke ziddu. Cara download dari ziddu adalah dengan menghilangkan tanda centang pada "Download with ziddu accelerator and get recommended offers" yang berada tepat dibawah tombol download. Kalo misal gak dihilangkan centangnya nanti yang ke download .exe ziddu accelerator. Nah itu yang agan maksud adware kali ya. he..he..he..

Anonim
20 April 2014 10.31

sdh dicoba pakai resetternya tp tetap sj gagal, duh pusing deh kerjaan banyak lagi, terus harus bagaimana lag

Poskan Komentar

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...