Cara Bongkar Casing Printer Epson C58, C90, T11, T20, T20E

Ada yang masih bertanya-tanya bagaimana cara membongkar printer Epson khususnya seri C58, C90, T11, T20, T20E yang memiliki karakteristik casing yang sama.

Kali ini Mas Mukhlas mau bagi-bagi caranya.
Perhatikan baik-baik langkah-langkah berikut ini :

* Lepas dua buah baut yang berada dibelakang casing printer

Klik gambar untuk memperbesar




* Congkel pengait kecil yang mengunci posisi casing menggunakan obeng minus kecil. Pengait tersebut sudah saya tandai dengan lingkaran pada gambar dibawah ini

Klik gambar untuk memperbesar



Klik gambar untuk memperbesar


* Secara bersamaan dengan mencongkel bagian samping tekan pula pengait depan dengan menggunakan tangan.

Klik gambar untuk memperbesar



 * Setelah pengait samping terbuka, kemudian lepas pengait depan dengan cara menekannya dari arah dalam keluar.
Klik gambar untuk memperbesar


* Buka pengait sisi samping satunya dengan cara yang sama. Yaitu congkel dengan obeng dan bersamaan dengan menekan pengait depan menggunakan tangan ke arah dalam.

Klik gambar untuk memperbesar


* Kalau pengait samping dan pengait depan sudah terbuka sekarang giliran pengait belakang kita lepas. Tetapi hati-hati, terkadang pada saat kita melepas pengait belakang ada salah satu pengait dari samping atau depan tadi terpasang kembali. Sehingga kita harus bekerja untuk melepaskannya kembali.

Klik gambar untuk memperbesar


* Sekarang angkat casing ke atas, perhatikan tangan yang berada pada gambar dibawah ini. Posisi tangan tersebut terdapat tonjolan casing yang mengangkut di sandaran kertas. Sehingga pada saat kita mengangkat casing renggangkan pula bodi casing kebelakang agar casing dapat terangkat dengan mudah.

Klik gambar untuk memperbesar

* Inilah hasil dari pembongkaran casing printer Epson tersebut.

Klik gambar untuk memperbesar

Selamat mencoba.......

16 Response to Cara Bongkar Casing Printer Epson C58, C90, T11, T20, T20E

Anonim
10 Juli 2012 06.56

waahhh thx wt ilmu nya mas muklas.. ane jd bisa benerin sendiri,,, :D

praja
20 Juli 2012 03.08

gan...stlh dbogkar....n sukses...printer c90 q kok gg mw nyla ya....sblmnya dbogkr...mw bongkar head.....

20 Juli 2012 16.54

Kalau nggak mau nyala coba pastikan kabel power dari adaptor ke mainboard terpasang dengan benar. dan pastikan juga tidak salah pencet antara tombol power dengan tombol reset. Sekedar info saja printer type c90 tombol power dan reset di mainboard gampang rusak. Terkadang dipencet keras baru bisa.

Anonim
25 Juli 2012 15.04

thanks bro... sangat brguna bila ilmu ini di terapkan di kantoran

Adit
13 November 2012 18.36

makasi atas infonya gan..
akhirnya printer saya bisa normal lagi setelah beberapa bulan koma..
ternyata ada uang receh yg nyangkut..
hehehe..

22 Februari 2013 08.58

makasih mas atas info entar ane coba deh bongkar printer ane yg rusak,

15 Maret 2013 23.27

misi gan.....
printer epson t13...gak mau hidup
kabel power masih ok

16 Maret 2013 14.46

@ agus tri :
kalo mati total butuh kerja keras lagi gan, biasanya teknisi memperbaikinya dengan cara membongkar printer kemudian menelusuri arus listrik dan juga dicek tegangan yang keluar menggunakan avo. Dimulai dari adaptor sampai terakhir dinamonya. Harus punya dasar ilmu elektronika gan.

6 Mei 2013 20.35

Mas bro Muklas, printer saya Epson T20 E yg udh di infus, kemaren tuh printer tintanya ngadat gara2 jarang di dipake, trus saya head cleaning lebih dari 10x, tapi masih tintanya ngadat juga, eh begitu printer saya angkat..banyak tinta hitam netes2 dari bawah printer. Jadi galau mikirnya....
* btw, head print cartridge itu yang mana ya,... Yg bolong di bawah cartridge, bukan?
Ditunggu pencerahannya ya Mas bro Muklas! Maaf ngerepotin :)

7 Mei 2013 21.29

Coba lihat di postingan ane gan, siapa tahu bisa bantu.

http://cara-mukhlas.blogspot.com/2012/12/cara-cuci-head-epson.html

Anonim
7 November 2013 00.35

saya mau tanya, printer saya epson t20e versi infus, sewaktu head cleaning biasanya kan keluar tinta lewat selang pembuangan, kemudian masuk ke botol di luar printer, tetapi akhir-akhir ini sewaktu head cleaning, tinta tidak ada yang keluar lewat selang pembuangan setetes pun menuju ke botol, jadi botolnya masih kosong, tidak ada tinta yang masuk, saya pun jadi curiga, jangan-jangan tintanya mengendap di dalam casing, lalu saya pun membongkar casing, ternyata benar, cukup banyak tinta yang mengendap di dasar casing, lalu saya bersihkan sebisanya. lalu apa penyebab tidak keluarnya tinta lewat selang pembuangan? dan bagaimana cara mengatasinya, supaya normal kembali (tinta bisa keluar lewat selang pembuangan)? mohon bantuannya. terima kasih.

7 November 2013 15.02

Sebenarnya alur pembuangan tinta pada printer itu sangat sederhana, tinta hanya dilewatkan pada selang, tetapi pada selang tersebut terdapat beberapa sambungan. Jika melihat kronologi diatas berarti fungsi penyedot tinta masih normal. dan terdapatnya tinta yang banjir di dalam printer berarti antara penyedot/penyemprot ke tabung pembuangan luar ada selang yang tidak tersambung. Jika Anda sanggup untuk membongkar casing tentu tidaklah sulit untuk melihat selang tersebut dan menyambungnya kembali. Anda tinggal melihat jalur selang kemudian urutkan saja sampai ke pembuangan, nah disitu mungkin ada masalah pada sambungan selang dan silahkan diatasi sendiri. Terima Kasih. Semoga Membantu.

28 November 2013 16.33

makasih infonya kang..jadi bisa betulin sndiri, masalhnya ada di sensor paperjam yang pernya dah renggang..nuhun pisan..

Anonim
9 Desember 2013 01.57

printer saya epson t20e (infus), selang pembuangan tinta bawaan asli printer yang tertancap ke printer tidak sengaja terlepas atau terputus, hal itu terjadi sewaktu saya mengecek kenapa tinta bekas head cleaning tidak masuk ke botol di luar printer yang sudah disiapakan, dengan cara menarik selang pembuangan tinta bawaan asli printer dengan agak kuat, tetapi malah terlepas atau terputus, jadi kalau sekiranya selang pembuangannya dikeluarkan dari printer, maka printer saya tidak memiliki selang pembuangan, tetapi selang pembuangannya saya biarkan saja di dalam casing printer, meskipun tidak berfungsi sebagai saluran pembuangan karena terlepas atau terputus itu tadi, jadi kalau head cleaning, otomatis tinta bekasnya mengendap ke dasar casing, biasanya saya lap pakai tisu. lalu bagaimana cara memasang kembali selang pembuangan bawaan asli printer yang terlanjur terlepas dari tempat seharusnya tertancap, supaya normal kembali (tinta bisa keluar lewat selang pembuangan, kemudian masuk ke botol)? apakah caranya mudah atau tidak, pakai bongkar-bongkar onderdil vital printer apa tidak (selain casing)? tetapi kalau selang pembuangannya putus, berarti harus mengganti selang pembuangan yang baru, kira-kira berapa biayanya? mohon bantuannya. terima kasih.

Anonim
28 Desember 2013 18.31

Sori gan ane mau sharing nih..
printer ane EPSON T20E(infus), hasil cetaknya putus2 gan. Ane cleaning berkali2 jg udah, tp nihil hasilnya. Trus ane bawa ke tempat servis, katanya headnya harus diganti. Ane nanya ke mbah google ternyata harga head cukup bikin dompet ane galau gan..
Ane pengen sharing sama agan, mungkin head ane bisa tertolong nyawanya tanpa harus beli head baru.
1) Apa penyebab head rusak gan?
2) Apa aja masalah yang sering diderita si head gan?
3) Mohon resep dari agan untuk penyakit head printer ane...!!!
Tengkiyu Gan__

Anonim
13 Februari 2014 19.15

sangat membantu sekali bagi saya. terima kasih banyak gan.

Poskan Komentar

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...