Cara Cuci Head Epson

Ah lama juga ane gak pernah posting di blog kesayangan.

Oke gan menindaklanjuti janji ane yang dahulu, yaitu cara mencuci head epson. Now ane mau memberikan tutorial cara mencucinya.

Perhatikan :
1. Bongkar casing printer. CARANYA KLIK DISINI
2. Bongkar head printer Epson CARANYA KLIK DISINI
3. Kemudian ambil suntikan (beli di apotik paling harganya Rp. 1.500)
4. Kemudian ambil selang pembuangan sedikit saja

Klik gambar untuk memperbesar

5. Kemudian pasang selang di suntikan
Klik gambar untuk memperbesar




6. Siapkan Head
Klik gambar untuk memperbesar

7. Isi suntikan dengan HEAD CLEANER 2ml saja kemudian masukkan ke lubang head yang atas
Klik gambar untuk memperbesar


8. Tahan selang yang masuk kelubang head agar tidak muncrat, kemudian suntikan pelan-pelan (posisikan head menghadap kebawah seperti gambar dibawah ini)
Klik gambar untuk memperbesar


9. Amati tinta yang keluar dari lubang head bawah, apakah membentuk pola renggang (belum sempurna) atau sudah rapat (sempurna)
10. Kalau sudah sempurna ganti kelubang yang lainnya. (catatan : sekali cuci head harap dicuci semua warna, walaupun yang jelek cuman satu warna saja)

Begitulah gan tips dari Mas mukhlas, ada tambahan lagi ne gan.
Kalau misal hasil cuci head tidak juga menunjukkan hasil sempurna coba lakukan langkah lanjutan dibawah ini.

11. Balikkan posisi head kemudian suntik sedikit saja sampai lubang head tergenang (jangan sampai nyemprot)
Klik gambar untuk memperbesar

12. Setelah tergenang kemudian tarik lagi suntikan hingga cleaner yang menggenangi head masuk kedalam lubang head, kemudian suntik lagi, sedot lagi, suntik lagi sedot lagi. Sampai dirasa cukup.

Oke gan, sudah paham.
ada pertanyaan silahkan ramaikan komentar dibawah ya gan.
Semoga bermanfaat.
25 Komentar untuk "Cara Cuci Head Epson"

minta tuto epson L800 dong mas muklas,bongkar casing sama
bongkar head nya, punya saya lagi masalah nih ^-^, kasih tau saya ya klu ada respon dari mas ke inbox FB saya aja qantasa@gmail.com terimakasih sebelumnya

gan beli head cleanernya dimana ? tu kan biasanya cuma tehnisi yang punya.
n bisa gak law diganti dengan cairan lain, thener, bensin tau yang laen yang mudah dicari.
thaks banget tutornya.maju terus

head cleaner banyak dijual di toko komputer gan, di surabaya ada di hi-tech mall. disana numpuk barangnya. kalo misal diganti cairan lain resiko gan. bisa-bisa tambah rusak.

Terima Kasih atas petunjuknya gan! Besok ane coba deh, moga2 berhasil...
Semoga Sukses dan bahagia selalu buat agan Muklas! :)

Gan, ane cuma bisa naikin pengait sisinya setengah, trus..kesulitan(nggak bisa) ngangkat pendeteksi cartridgenya, dicongkel dgn obeng dibagian atas lobang pengait atasnya malah hampir patah..,kenapa ya gan?
Kalo mencuci cartridge tanpa melepas headnya gimana?
Terima Kasih atas pelajarannya Agan Mukhlas! :)

Kabel data buat pendeteksi cartridge sudah dilepas belum gan?

Kabel data yg menutupi lubang kait sisi cuma dibuka aja kan, nggak perlu dicabut atau dilepas?
Ane emang bego banget dah, masa ngebuka begituan aja gak slese2... :(

Tengkyu somat agan Mukhlas! Ane udah berhasil bongkar head print, ternyata kabel datanya emang musti dicabut! :D
tapi masalahnya ketika selesai dipasang lagi, eh.. Printernya malah gak hidup alias mati meski tombol power ditekan keras2(ini printer apa patung?), kenapa ya gan? Apa cara pemasangan ada yg salah? Mohon bimbingannya gan... Tengkyu somat yak :)

Coba bongkar ah.... siapa tau bisa...

gan mohon penjelasanx sy punya printer epson T13 tintanya da yg macet satu udah d kasih cleaner headnya tp ttp tidak jalan,

Ilmu yang sangat bermanfaat, terima kasih, mudah-mudahan saya bisa mencobanya.

Maaf Gan mau tanya, barusan saya bongkar itu epson t13x, buat bersihin headnya. dan setelah selesai, ane pasang lagi tp kenapa printernya ga bisa jalan ya cartridgenya. pas dinyalakan printernya, tempat inktanknya jalan ke kiri kemudian ke kanan lagi dan berhenti, begitu seterusnya....
Mohon pencerahannya ya gan.....

Terimakasih....

Apa ada indikator errornya gan, misal lampu orange nyala berapa kali? atau ada tampilan error di layar monitor?

gan... klo uda di suntik berkali2 tp hasil nozzle masih putus2, gimana ya? apa mungkin headnya yg uda rusak? secara, ini printer baru 1 mingguan..

Cucinya pake apa? Air bisa?

ajiblah......

Ini memang harus dibongkar ya untuk cuci headnya? nggak bisa disemprot di printer aja setelah bongkar tintanya?

Mas kasih tutor cara bongkar head epson r230x sekalian cara membersihkannya dong...? Bisa kirim ke email : keliekhp@ gmail.com

klo hasilnya kebiru biruan padahal nozel cek tinta keluar semua itu karena apa pak? ket. head umur 3 th

Assalaamu'alaikum , jazakumullahukhoir..

Assalaamu'alaikum , jazakumullahukhoir..

Assalaamu'alaikum , jazakumullahukhoir..

nanya gan, ane pasang tinta baru satu set, tapi yang keluar cuma warna biru doangan, yg laennya kagak keluar. apa ini karena mempet? soale nih printer udah lama bingit gak dipake

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...