Wednesday, February 15, 2012

Cara Mengatasi Hasil Cetak Print Loncat

Halo sobat blogger semua.....
Kali ini Mas Mukhlas mau bagi-bagi pengalaman lagi.
Yaitu cara mengatasi hasil cetak print yang loncat-loncat kayak kodok. Masalah ini sering timbul pada printer merk Canon tetapi tak jarang pula Epson juga mengalaminya.

Ini contoh kerusakan yang ditimbulkan, yaitu hasil cetak print loncat-loncat.
Klik gambar untuk memperbesar



Gambar diatas bukanlah hasil cetakan printer yang putus-putus, melainkan loncat. Coba perhatikan lagi dan klik gambar untuk memperbesar.

Begini cara memperbaikinya :

Hasil cetak yang loncat-loncat seperti itu dikarenakan ada kerusakan pada sensor bundar.
Ini penampakan sensor bundar.

Gambar diatas adalah sensor bundar yang normal alias tidak cacat. Nah gambar dibawah ini yang menjadi biangnya hasil cetakan printer meloncat-loncat.

Ganti sensor bundar rusak tersebut dengan sensor bundar yang baru. Atau ganti dari sensor bundar printer lain yang rusak tetapi sensor bundarnya masih bagus.
(Perhatian : Sensor bundar memiliki jenis-jenis yang berbeda untuk printer yang berbeda-beda pula)

Posisi sensor bundar pada printer canon iP2770


Posisi sensor bundar pada printer canon MP258

Oke sobat blogger.
Selamat mencoba...................

74 comments:

  1. ass..mas,, hasil print mp-258 saya juga loncat2,, dari 4 baris, baris pertama dan ke 3 terpotong.. baris 2 dan 4 normal,, udah saya bongkar, sensornya kayaknya gx masalah. dmana bisa beli sensor yg baru u/ mp 258?? mau coba test ganti baru sensornya..mohon pencerahannya mas.. thx

    ReplyDelete
  2. kalau sensor bundarnya bagus tetapi hasil printer tidak normal berarti kerusakan di head mas hariez, coba lakukan nozzle check.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf boleh nanya ga, tapi pingin di jawab sekarang

      Delete
  3. saya efi, mas printer sya mp 258, kalo ngeprint knpa bergars yg warna nya,setelah saya amati tinta bri saja yang jadi biang masalah, cuma warna biru yg bergaris dan yg lain normal, tp lw dpke ngprint warna hasilnya jelek, bergaris2 sprti hbs tintanya. tlg mas djawab, thankz..

    ReplyDelete
  4. Kalau emang tintanya masih ada (tinta didalam cartridge, bukan yang ditabung modif) dan hasilnya masih bergaris coba bersihkan head yang dibawah cartridge menggunakan tisu. Kalau dirasa sudah bersih tapi masih belum normal berarti cartridge sudah tidak normal alias sudah lemah tu headnya. kalo dah gitu nggak busa diservice tapi ganti cartridge baru.

    ReplyDelete
  5. kalo sensor bundar epson L100, kemana nyarinya/gantinya ?

    mohon bantuannya mas... terimakasih

    ReplyDelete
  6. kalau di daerah surabaya coba di
    EPSON SERVICE SHOP
    Ruko Centra Fortuna 39 Kav 20
    Jl. Jaksa Agung Suprapto
    Surabaya
    Telp. 031-5355460
    Flexi. 031-71758865

    ReplyDelete
  7. kalau cek warna di print out hasilnya garis-garis apa masalahnya gan?dan warna juga berubah yg hijau jadi kuning,biru jadi pink

    ReplyDelete
  8. kalau prin yg saya punya printer epson Lx-300+ persis kerusakannya hasil cetakan loncat-loncat kayak kodok gitu....?
    mhn jawabannya

    ReplyDelete
  9. kemungkinannya banyak. bisa dari head, jarum head, kabel fleksibel, transistor head, ic gateray, jalur dari transistor ke ic gateray, jadi kemungkinannya banyak.

    Cara bongkar head: lepas plat di kanan dan kiri, lalu cungkil pelan pelan dg obeng kecil ujung head yang terbuat dari plastik.
    bongkarnya gampang, pemasangan jarum yang agak susah.
    coba headnya semprot dulu pake minyak pada bagian jarumnya lalu coba tesprint yang banyak, kemungkinan jarum lengket pada lubang bisa saja terjadi.

    saya juga pernah mencoba mengambil plat arm yang berada di depan head (bentuknya seperti lembaran seng) saya lepas dan tidak saya pasang hasilnya bagus.
    selamat mencoba…

    ReplyDelete
  10. ass mas sy agus , sy pnya mslah dgn printer ip 2770 di kntor sy . hsil printnya berbayang dan di cetakkannya bergaris-garisnya tdk rata alias naik turun.. mhon bantuannya mas muklas

    ReplyDelete
  11. coba lakukan nozzle check dulu pak, kalau hasil noozle jelek lakukan cleaning. kalau masih tidak bisa kemungkinan cartridge minta ganti

    ReplyDelete
  12. kalo punya saya canon Ip 1880,yang garis warna biru aja,terus di sesnsor bundar kotor terkena noda dari tinta,susah bersihkanya... gimana pak solusinya
    kadang ngak keluar jadi cetakanya kurang komplit warnanya...

    ReplyDelete
  13. Pengalaman saya encoder atau sensor yang terkena tinta mustahil untuk dibersihkan. selama cipratan tinta yang mengotori sensor tidak sampai menutupi 1 node secara penuh pada sensor tidak menjadi masalah.

    Untuk warna yang tidak keluar sensor tidak mempunyai kaitan kesitu. warna tidak keluar murni kerusakan cartridge.

    Solusi coba cek apakah cartridge tidak kehabisan tinta dengan cara tempelkan head cartridge ke selembar tisu dan pastikan semua tinta ngecap di tisu tersebut, jika semua keluar coba lakukan deep Cleaning melalui menu printer (jika masih tidak keluar lakukan deep cleaning lagi maksimal 3 kali) kalau ternyata tidak ada hasil bisa dilakukan pencucian head (cara mencuci head bisa dicari digoogle) kalau masih tidak bisa kesimpulan berarti cartridge rusak (solusi ganti cartridge)

    ReplyDelete
  14. mau tanya, cara pemasangan sensor bulat pada canon gmn? Soalnya kan disitu ada kode F, apa maksudnya,,
    terima kasih.

    ReplyDelete
  15. Kadang sering nemu problem seperti ini.. Makasih atas sharingnya ya sob.. :D

    ReplyDelete
  16. aslmkm mas,
    say mau mnta tolong sma mas,
    printer saya ada maslah. ip 2770

    hasil print hitam nya putus2 dan tidak merata dan warna nya pun tidak kluar,,
    apa ya mas maslah nya ?

    ReplyDelete
  17. coba lakukan noozle check.
    kalau hasil noozle cek aja sudah putus-putus berarti kerusakan di cartridge :
    kerusakan bisa jadi karena
    1. Tinta di cartridge habis (atau mungkin yang modif dia kemasukan angin) Solusi suntik cartridge dengan tinta maksimal 5ml untuk hitam dan warna 1,5 ml maksimal
    2. Head di cartridge kering (biasa ini karena printer jarang dipakai) solusi rendam head menggunakan head cleaner
    3. Head rusak (ini biasanya karena akumulasi pemakaian, tau sendiri kan barang elektronik semakin sering dipakai semakin menurun kinerjanya dan kemudian rusak)Solusi ganti cartridge

    ReplyDelete
  18. Mas mau naya nie print canon mp250 ku klo mau dipake headx nabrak kekiri n kenan keras bunyinya. solusinya donk

    ReplyDelete
  19. Nabrak???

    1. Coba cek encodernya, bersih apa ada cipratan tintanya.
    2. Coba rel head dikasih pelumas. bisa pakai pelumas contact cleaner (harga Rp. 25.000)
    3. Coba cek selang modif, jangan-jangan yang buat berisik selang didalam printer yang nyantol-nyantol

    ReplyDelete
  20. Klo printer Epson LQ2180 hasil print keluar bahasa mesin kira-kira penyebabnya apa ya??

    ReplyDelete
  21. LQ2180 melakukan printing bahasa aneh, coba cek kabel antara cpu dengan printer (mungkin ada yang kurang pas) bisa juga ada kerusakan di kabel fleksibelnya. Kalau tipe LQ sebenarnya agak sulit memperbaikinya jika masalah seperti itu, karena kerusakan ada di hardware, dan kadang masalah seperti itu normal sendiri.

    ReplyDelete
  22. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  23. Kalo LQ 2180 Printer waktu cetakan agak tiba2 sangkut ke kiri, g mana ya solusinya Bro mohon bantuanya

    ReplyDelete
  24. Maaf gan LQ 2180 yang nyankut kekiri tiba-tiba sampai saat ini belum ketemu solusinya.

    ReplyDelete
  25. kalau printer canon 2770 ane, pas ngecek, yg keluar warna cyan magenta yellow cuma satu2. Kan biasanya ada 2. Jd total ada 7 bidang warna yg dicetak. Nah ini cuma 4. Gmn ya? Apa yg salah? Tadinya normal. Dampaknya, jd kurng tajam hasilnya.

    ReplyDelete
  26. Mau tnya gan..klo printer canon ip2700 d pke ngprint hsilnya ptus2 n lmbar slanjutnya hsilnya ptih...sensor bundarnya masih bgus n catridge tdk ksong..it knp kira2 ya???..thx

    ReplyDelete
  27. @ Bani Adam
    coba cleaning dulu gan, kalo gak bisa ada kemungkinan cartridge sudah mau rusak. Jadi hal tersebut menjadi pertandanya.

    ReplyDelete
  28. @ Aprie te amo
    Cartridge terlalu penuh dengan tinta juga bisa mengakibatkan tinta tidak bisa keluar, sebenarnya kapasitas tinta untuk warna hanya 1,5 ml dan hitam 5 ml. tapi misal masalah tidak disitu bisa jadi juga pertanda cartridge sudah mau rusak.
    Anjuran : Pastikan tinta tidak terlalu penuh didalam cartridge dengan cara menyedot seluruh tinta cartridge kemudian mengisikannya lagi hanya 2ml.
    kemudian lap bagian head dengan tisu.
    coba lakukan printing, jika masih tidak keluar coba lepas cartridge tempelkan head ke tisu kemudian angkat dan lihat apakah tinta keluar mengenai tisu tersebut, kalo keluar bisa dipastikan head rusak, kalo tidak bisa dipastikan head kering. Kalo memang head kering lakukan cuci head. dengan cara merendam bagian headnya saja ke cairan pencuci head (head cleaner).

    ReplyDelete
  29. print saya tinta warnanx pas ngeprint warna fotox biru cmua,tpi gambarx msh nampak tpi warnax yg kebiruan,di bantu ya mas

    ReplyDelete
  30. ada tinta yang tidak keluar gan, coba noozle dulu kemudian lakukan cleaning kalo ada yang tidak keluar tintanya.

    ReplyDelete
  31. saya punya printer canon ip 1800, dipake ngeprint hasilnya lompat, trus tak ganti yang baru hasil dari prinya masih lompa juga...gimana solusinya..?

    ReplyDelete
  32. maaf gan, hasil lompat dengan hasil putus beda.
    Kalo lompat hasil cetakkan meneruskan dibawahnya dengan jarak tertentu dan tidak ada yang hilang. tetapi kalo putus ada hasil cetakan yang hilang dan meneruskan dibawahnya.
    Kalau menurut saya milik agan Haryanto bukan lompat tapi lebih cenderung ke cartridge yang rusak. coba lakukan periksa mulut semprot dulu gan.

    ReplyDelete
  33. ip 1980 hasil cetak lompat margin atas jarak terlalu jauh, pada saat print hasil cetak lompat,dan tidak full print sprti pd dokumennya, hasil cetakan meneruskan di bawahnya. tolong sarannya

    ReplyDelete
  34. print q epson T13x waktu buat ngeprint pas di tengah-tengah cartridgenya bunyi cetok-cetok kayak ada yang nabarak, trus hasil cetakan berbayang, padahal pas tak cek tidak ada yang nabrak, mohon solusinya

    ReplyDelete
  35. Coba di cek lagi gan, kalau ada suara pasti ada pergesekan. Coba bongkar casing kemudian lakukan printing tanpa casing terpasang. jadi tanpa casing kita lebih jelas dalam melihat kerusakan.

    ReplyDelete
  36. printer ku mp258. kalo ngeprint warna hitam, malah berubah jd kuning... mohon solusi?

    ReplyDelete
  37. Ambil cartridge kemudian lihat apakah dibawah cartridge tempat head mengalami kebanjiran. Kalo ya usap menggunakan tissu. Perubahan warna biasanya terjadi karena 3 hal.

    1. Salah isi warna tinta
    2. Terjadi banjir di bawah head
    3. Salah satu warna ada yang mati.

    Tapi kalo untuk perubahan tinta hitam yang nomor 3 tidak termasuk.

    ReplyDelete
  38. Terima kasih gan...sangat membantu..printer ane normal lagi.....

    ReplyDelete
  39. printer sayang mp 258, hasil cetakannya waktu di nozzle check itu yg black garis lurus yang atas itu putus-putus, itu nmanya hsilnya lompat2 atau putus2 ? trus gmna baikinnya ya ? soalnya udah saya rendam print headnya pke air hngat, tp hsilnya ttep aj, atau mungkin sy yg kurang pham gmna rendam printheadnya ?

    mohon bantuannya,, trima ksih

    ReplyDelete
  40. Buat nisa dewi. Itu keliatannya putus putus indikasi head sudah rusak. Solusi ganti dengan cartridge baru. Untuk cartridge yang direndam pakai air panas itu cuman berfungsi bagi cartridge yang buntu. Itupun juga jarang yang berhasil.

    ReplyDelete
  41. ass.. maaf saya mau bertanya kan waktu saya memprint hasil yang keluar cetakannya berupa garis putus - putus. saya kira tinta hitamnya mau habis. setelah saya isi tinta hitamnya ternya masih keluar pada hasil cetakan print nya garis putus - putus. sudah saya cleaning, deep cleaning, nozzle check eh ternyata hasil cetakan print nya loncat loncat. misalnya nya saya memprint surat. 3 paragraf masih baik cetakannya tapi pas paragraf yg keempat hilang tinta hitamnya itu. pas paragraf berikutnya timbul lg tinta warna hitamnya. tolong ya berikan solusinya.... trimakasih

    ReplyDelete
  42. saya mau tanya, pas dibuka biasa saja sensor bundarnya, masalahnya selain sensor bundar apa ya?? terimakasih

    ReplyDelete
  43. bang klo printer canon ip 1980 cardridge nya nabrak2 masalah nya apa bang ??

    ReplyDelete
  44. ass. saya mau tanya printer saya canon ip2770 kalau di noezel cek normal bagus semua setelah melakukan test printe bagian atas bagus semua sampai bagian tengah kebawah selalu putus-putus masalahnya kenapa ya mas padahal tinta masih ada terima kasih

    ReplyDelete
  45. kalau misalnya pengaturan margin di komputer sama di kertas berbeda karena apa ya...padahal pengaturan margin nya udah bener misalnya top 4 left 4 bottom 4 dan right 3 tapi yang keluar malah top 3.5 left 4.5 righ 3.5 dan bottom malah jadi 6..size paper nya juga bener A4..pokoknya pengaturannya udah bener tapi keluarnya malah gitu...apa printer juga ada pengaturan untuk margin ya ? saya pake canon ip 2770....mohon bantuannya soalnya saja lagi nyusun skripsi harus cepet beres...terima kasih

    ReplyDelete
  46. Kalau hal itu terjadi pad LX-300+II, (yg tidak ada sensor bundarnya), berarti yang rusak apanya mas Agus?

    ReplyDelete
  47. Om Mario, kemungkinan kerusakan pada blok gear kopling, gear gear, disekitar situ mungkin sdh banyak yang aus.

    ReplyDelete
  48. numpang tanya mas.. printer canon 2700 lampu ijonya nyal trus, lampu oren kedip 3 kali.. cara benerin gmna mas.??

    ReplyDelete
  49. Klo hasil cetakannya loncat2 di epson t11 yg ga ada sensor bundarnya gimana tuh om?

    ReplyDelete
  50. alhamdulilah
    ...makasih imam..

    ReplyDelete
  51. Saya punya printer epson 1390, hasil print di kertas hvs semua tulisan geser dan berbayang kebawah, waktu saya bongkar dibagian gear PF motor berputarnya tidak stabil, mohon pencerahannya, terima kasih

    ReplyDelete
  52. saya juga punya masalah dengan printer canon ip2700. perinternya kadang ngeprint kadang tidak, misalnya saya ngeprint 5 lmbar hal pertama ngeprint yang selanjutnya tidak bisa/kertasnya tidak mau keluar. keterangannya paper jam. itu apa kerusakannya. terima kasih

    ReplyDelete
  53. terimakasih mas mukhlas atas tips na..
    rupanya sensor kena lem. setelah di bersihkan bisa jln lgi

    ReplyDelete
  54. saya pakai printer dot matric Epson LX310, tapi beberapa hari ini setiap ngprint hasilnya yang terecetak bahasa mein, ada kah solusi gan

    ReplyDelete
  55. mas printer saya epson l200,, yang loncat warna hitam saja,,yang lainnya normal,,itu apa nya ya mas,, dari sensor bundar,,apa catride wrna hitam yg error,,? trmksh sblumnya

    ReplyDelete
  56. mas printer saya epson l200,, yang loncat warna hitam saja,,yang lainnya normal,,itu apa nya ya mas,, dari sensor bundar,,apa catride wrna hitam yg error,,? trmksh sblumnya

    ReplyDelete
  57. printernya canon mg 2570 kalo disetting standar hasil print putus-putus tapi disetting high normal aja. supaya setting standar juga normal bagaimana solusinya. Bang Mukhlas

    ReplyDelete
  58. Mas mau nanya.. Saya punya masalah dengan printer saya. Rumah saya pernah kebanjiran dan saya lupa memindahkan printernya. Akhirnya kemasukan air. Saya keringkan printernya dan sudah menyedot smua tintanya stelah itu saya isi kembali tinta nya dan hasil tintanya masih bagus sprti sebelumnya tapi masalahnya pada saat ngeprint tulisannya itu mulainya hampir di tengah halaman mas.. Tdk normal sperti biasanya. Bgmna yah mas cara ngatasinnya??? Trimkasih sblumnya

    ReplyDelete
  59. mo nanya gan,
    printer saya epson 1390,,kl print teks biasa normal hasinya.tp kl cetak photo (quality option) di bikin teks,hasinya loncat,tp di ujung kertas ajj.kl di bikin best photo hasiny ngeblur di ujung kertasnya.
    mohon pencerahannya gan,,,
    makasih

    ReplyDelete
  60. mo tanya jg gan
    awlnya print suka sangkut dipita jd bergulung
    setelah dikasi minyak headnya bagus tp hasilnya jd lompat lompat klw pakai leptop tp klw tes print manual bagus ga lompat2.apa ya lg masalahnya....

    ReplyDelete
  61. Mas mau tanya kenapa hasil print di prit out nya jadi seperempat kertas, padahal di margin udah full kelihatanya, tapai hasilnya memang semua hasil print di prin semua, tapi di tempat pojok atas kiri kertas, jadi kecil print nya,
    Itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  62. Mas mau tanya kenapa hasil print di prit out nya jadi seperempat kertas, padahal di margin udah full kelihatanya, tapai hasilnya memang semua hasil print di prin semua, tapi di tempat pojok atas kiri kertas, jadi kecil print nya,
    Itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  63. Mas mau nanya kenapa printer saya canon 258 ngeprint separuh halaman,mohon solusinya.

    ReplyDelete
  64. Mas mau nanya kenapa printer saya canon 258 ngeprint separuh halaman,mohon solusinya.

    ReplyDelete
  65. thanks gan, sangat membantu...akhirnya kelar juga tugas ane....

    ReplyDelete
  66. Mas mau nanya ... saya pake printer lx 310 dilaptop dg OS win 7 hasil print outnya loncat 1garis tapi klo saya pake di laptop dg OS win 10 normal ,,,, kenapa ya mas?

    ReplyDelete
  67. Mas mau nanyak...
    Kenapa kalau mau nyetak spanduk ada garis warna biru ya mas..
    Mohon di jawab... Terima kasih....

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Saya punya printer mp 380 series, pada saat print beberapa halaman hasil printnya putus alias tidak full halamannya dan kemudian trepribt lagi tapi mulai lagi dgn halama pertama dan selalu begitu kejadiannya. Tolong soludinya gan... biar printnya kembali normal... tolong dibalas yach

    ReplyDelete
  70. Gimana mas kalau hasil print outnya untuk beberapa halaman tidak tuntas dan terpotong setelah itu terprint lagi kehalaman pertama. Print saya canon mp 280 series. Tolong gan solusinya

    ReplyDelete

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...