Monday, March 26, 2012

Cara Membuat USB Booting menggunakan Hiren's BootCD 15.1

Kemarin ada lagi pasien yang mengeluhkan windows error pada laptopnya, windows tidak mau membuka dan hanya tampilan hitam saja yang keluar. Terpaksa ane install ulang. ternyata yang menjadi masalah adalah banyak data di Harddisk C jadi kalo di install ulang hilang sudah data tersebut. Satu-satunya jalan adalah membackup dulu data tersebut ke harddisk D. Tapi bagaimana pula cara membackup, kan windowsnya rusak tidak bisa beroperasi. Kalo CPU sih biasanya ane lepas tu harddisk kemudian ane pasang ke komputer ane dan ane backup semua. Tapi ne masalahnya tu laptop bersegel persis di tempat harddisk. Jika ane bobol hilang sudah tu garansi. Masih garansi pula.

Kalo cara ini biasanya ane menggunakan linux live cd, tetapi loadingnya lama. Ane coba pakai Hiren's boot cd, ternyata bisa gan, disitu terdapat Mini Windows XP yang bisa langsung beroperasi tanpa proses install.

Lebih hebatnya lagi ternyata di windows XP Mini tersebut juga terdapat banyak vitur seperti Antivirus, Recovery, dan banyak juga aplikasi untuk memperbaiki harddisk dan diagnosis RAM.

Oke langsung ke tutorialnya gan, cara membuat USB Booting Hiren's
Download dulu Hiren's 15.1 DISINI
Download juga aplikasi pendukungnya USB Format dan Grub4dos


Jalankan Tool USB_Format.exe pada USB_Format yang telah anda downlod tadi, kemudian akan tampil tampilan sebagai berikut :


Pilih Device dengan alamat USB Flashdisk anda, contoh di komputer saya adalah "Drive F", kemudian pilih File System dengan "FAT 32" dan setelah itu klik "Start". akan tampil jendela peringatan apakah yakin akan memformat, klik saja "Yes" jika data di flashdisk anda sudah di backup (karena akan di format). kemudian akan tampil proses format seperti gambar berikut :


Setelah selesai akan tampil pesan dari USBFormat bahwa Flashdisk anda sukses di format dan keterangan lainnya, Klik saja "Ok" kemudian pilih "Close". sampai disini anda telah sukses untuk memformat Flasdisk anda.
Selanjutnya jalankan lagi Tool Grubinst_gui.exe pada Grub4Dos yang telah di download juga, kemudian akan tampil seperti gambar berikut :



 
Pilih "Disk" dan pilih USB Flashdisk yang akan di install Grubnya.  kemudian klik "Refresh"setelah itu pilih "Whole Disk (MBR)" pada option ketiga. terakhir klik "Install" maka akan tampil pesan dos dengan hasil sebagai berikut :

setelah sukses tekan tombol "Enter" untuk keluar,sampai disini anda telah sukses untuk memformat flashdisk agar dapat dijadikan media bootable (booting melalui flashdisk).
Langkah selanjutnya Mount atau Extract File Hiren Boot CD copykan semua file Hiren Boot CD 15.1 nya ke Flashdisk anda. setelah selesai, kemudian masuk ke direktori HBCD dan copykan file "gldr", dan "menu.lst" lagi ke direktori utama USB Flashdisk anda.

Pilih "Mini Windows Xp" untuk membuka mini windows xp. dan hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini :

Selamat Mencoba

16 comments:

  1. 'gldr' atau 'grldr' ya?? trus gldr & menu.lst dapat dari mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hirens 2018 New Generation! cobain project buatan ane gan > IT Tools Pack Solution 2018 Rescue

      tq

      Delete
  2. File hiren's itu di mount dulu gan pakai Daemon, kemudian buka hasil mount dan masuk folder HBCD, nah disitu tempat file "grldr" sama "menu.lst"

    ReplyDelete
  3. Faisal Xp ::: Mendingan Pake live-usb-install-2.3.2.exe...Lebih Gampang Bro !!!! ^_^

    ReplyDelete
  4. kalo live usb install itu untuk Windows live CD dari USB Flashdisk?
    yang ini beda bro. Pertama dari Tools nya yang beda, kemudian di hirens terdapat mini xp. prosesnya lebih cepat dalam booting dan startup.
    Ane sebagai teknisi komputer lebih memilih hirens untuk urusan back up data dari harddisk mati atau corrupt windows system.

    ReplyDelete
  5. bang..netbuk aye cuma nongol startupnya diank ni..g mau msuk ke windowsnya..
    tolongin aye donk

    ReplyDelete
  6. Wah kalo cuman nongol gitu aja banyak kemungkinannya. Coba bisa lebih spesifik lagi. Misal terdapat tulisan-tulisan error atau tampilan pada layarY seperti apa?
    Nanti saya bantu diagnosa.

    ReplyDelete
  7. askum, mas mau nanya, pas saya backup tool trus mau masuk seagle pada norton 15.1 kok error ya, terus pas di klik OK, langsung hang pc saya ?? mohon pencerahannya mas, makasih..
    ===heri**tasikmalaya===

    ReplyDelete
  8. askum, mas mau nanya, pas saya backup tool trus mau masuk seagle pada hiren's bootcd v15.1 kok error ya, terus pas di klik OK, langsung hang pc saya ?? mohon pencerahannya mas, makasih..
    ===heri**tasikmalaya===

    ReplyDelete
  9. Grub4dos not found gan..
    mohon d update

    ReplyDelete
  10. Step2 diatas sdh dijalankan. Pas dites,proses loading mini Windows XP, setelah itu PC shutdown sendiri.Apa yg salah ya?Mohon pencerahan.Trmkasih.

    ReplyDelete
  11. Gan, kalau yang muncul "ERROR 15 : file not found", apa masalahnya tuh?... mohon petunjuknya Gan. Thx

    ReplyDelete
  12. Maaf gan, tidak semua pertanyaan bisa ane jawab. Soalnya selama ane pakai ini tidak ada masalah seperti hal-hal tersebut. Maaf nggak bisa bantu mengingat waktu ane sedikit di blog ini.

    ReplyDelete
  13. ya udh klo cm punya waktu sdikit buat blog ini,mendingan tutup aja ni blog :P

    ReplyDelete
  14. just sharing gan. asal memberikan hasil positif. dan tidak melakukan komentar negatif.

    ReplyDelete

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...