Cara mengatasi monitor mati karena resolusi terlalu tinggi

Jika agan-agan mensetting resolusi monitor terlalu tinggi atau refresh rate monitor yang terlalu tinggi, ada kemungkinan monitor tidak kuat untuk mengaplikasikannya. Nah, untuk memproteksi diri agar tidak rusak, maka monitor tersebut akan meniadakan gambar dan mematikan dirinya sendiri. Kalo sudah seperti ini, maka monitor tidak akan menampilkan gambar apapun. Kalo monitor agan jenis digital, mungkin akan menampilkan pesan “Out of range” atau sejenisnya. Nah, dalam artikel ini saya akan sharing cara memperbaiki settingan agar monitor yang mati karena setting resolusi terlalu tinggi itu bisa nyala lagi tanpa harus install ulang. Ciri yang paling ketara dari settingan resolusi terlalu tinggi adalah komputer masih nyala seperti biasa, pada saat komputer nyala juga BIOS tampil seperti biasa, tetapi setelah windows progress windows anda muncul, tiba-tiba monitor anda blank.
Pada umumnya resolusi standart yang digunakan 1024 x 768 tetapi untuk kekuatan resolusi tergantung VGA dan monitor. Berikut tips dan trik mengatasinya :
  1. Restart komputer.
  2. Sebelum masuk ke jendela loading windows cepat-cepat menekan tombol F8 untuk memunculkan menu pilihan type booting windows.
  3. Jika sudah muncul menu type booting, maka pilih booting “Enable VGA Mode” dan tekan enter.
Klik gambar untuk memperbesar



  1. Biarkan windows loading seperti biasa, setelah masuk windows nanti tampilan layar dan gambar icon desktop akan menjadi besar-besar. Jika sudah seperti ini maka settingan resolusi desktop sudah menjadi normal kembali dengan resolusi terkecil (biasanya 800 x 600).
  2. Setting ulang dan kembalikan resolusi monitor seperti sediakala (misalnya setting resolusinya menjadi 1024 x 768). Settingnya yaitu klik kanan Desktop pilih Properties. Setelah jendela properties muncul pilih tab settings kemudan atur resolusinya menjadi 1024 x 768, kemudian tekan tombol Ok.
  3. Restart komputer
Selamat dicoba dan semoga berhasil gan....
37 Komentar untuk "Cara mengatasi monitor mati karena resolusi terlalu tinggi"

Siip...Makasih Gan Atas Infonya...:D

gan kmren kan sya otak atik divece manager dan gk sengaja display adapternya saya disable, ee layar leptop ane jad item gan , tu gmn cra btulinnya , mhon pencerahannya gan?

coba gunakan langkah diatas gan,

kalau masih tidak bisa coba masuk ke safe mode (cara masuk ke safe mode sama seperti langkah diatas hanya memilih pilihan safe mode saja)

kalau masih nggak bisa juga gunakan system restore pada windows (untuk windows 7 ada di cd installernya)

KLO MONItor SAYa (ADVAnce LCD 17") >>> KLO BAckGROUndnYE GELAp, MAti SENDiri ... WKwkwk UD NGA kUAt (MO DiservIS niY ATau MAu gANti BAru), LIAt bUDGEtnYE AJa NANti

aRMStroNG_ProducT@YahOo.co.ID

gan makasih info nya
alhamdulilah layar dah mau hidup lagi

makasih banyak gan atas info 😄😃

komputer ane juga mengalami hal seperti itu, tapis ane sedikit bingung gan karena waktu saya menekan tombol F8 bukannya keluar gambar seperti diatas. malahan pilihan device untuk di Boot. tololng solusinya gan

saya sudah menkan F8 tapi tidak ada pilihan Enable VGA Mode
Mohon pencerahannya

Ane udah coba gan, pake low resolution kalo buat win7 ya ? Tapi ane coba rubah ke 720x576 masih input not supported gan.... mohon bantuannya gan....

Gan.. Gue udah coba .. Pas abis restart ko balik lagi ke out of range ,,
Trus gue balik lagi ke matiin cpu, trus malah gak bisa , knp ya? #help

Makasih atas infonya... Sangat bermanfaat...

Gan komputer saya gk pke VGA.. tpi kena Out of range... gmn tuh baikin nya ?? Solusi gan

Caranya berhasil, trims infonya...

Bro anonim. Coba lakukan hal yang sama tapi jgn pilih f8.
Coba dgn F2

Pas sampe pilihan 1-9 ga bisa dipencet kenapa (windows8)

Gan mohon bantuannya..
Gaada pilihan enable VGA mode
Mohon bantuannya please

thanks gann

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Berhasil terima kasih sobat ilmu dari mu bakal mengalir pahalanya sampai kapan pun.

Gan kemaren ane nginstal cs go.. Gamenya jalan tapi blank screen suaranya juga ada..tapi Ada tulisan out of range 60khz gimana cara ngatasi game nya biar tampil gambarnya..aku dah pake vga eksternal 2 gb nvidia g630 bit 128'... Mohon bantuanya .. Maaf klo repost..

sama saya pakek nvidia 630 2GB 128 bit bisa langsung tulisan out of range

Gan pc sya windos 10 pke monitor LED samsung 32" tpi resolusinya rendah saat di ubah ke resolusi tnggi langsung gelap monitornya,cara mengembalikan ke semula gimna caranya gan mohon bantuanya.

Gan pc sya windos 10 pke monitor LED samsung 32" tpi resolusinya rendah saat di ubah ke resolusi tnggi langsung gelap monitornya,cara mengembalikan ke semula gimna caranya gan mohon bantuanya.

Terimakasih, artikelnya sangat membantu.

Nah gan ane udah coba bisa masuk save mode tapi si keyboard gk mau di fungsikan knapa??
Kalo di instal ulang lcd nyala lg gk yah gan ??

Maksih gan dgn artikel ini leptop sy yg sebelumnya layar blank sdh akibat setelan resolusi layar tdk pas,, menjadi normal kembali

Mohon bantuannya gan,, gambar yg sudah sy unduh di internet kemudian sy mau jadikan walpaper ternyata gambarnya didesktop kecil sdgkan ukuran layar desktop saya 1024x600 bgaimana agar sesuai layar gan.... Klu dijawab tolong dikirim ke email ppobsulbar@gmail.com

Klo di pc saya gk ada pilihan f8 gan

Masak gak ada F8 gan, penasaran ane sama PC yang keyboardnya gak ada F8 nya.

untuk windows 7 coba klik kanan Desktop pilih Desktop Background kemudian Picture Position pilih "Fill"

Minta tolong dong gan cpu ane pas baru di nyalain langsung tulisan out of range 75hz terus ane copot vga nya ane seting ke resolusi terendah pas ane pasang lagi vga nya gelap lagi tulisan nya out of range lagi minta solusi nya dong gan

coba pakai cara diatas tanpa copot VGA gan, karena VGA card dengan VGA OB itu beda driver, jadi kalau disetting salah satu maka tidak mempengaruhi VGA lainnya.

keyboard ngak berfungsi tidak nyala, mau sy tekan F%5 atau F8 utuk resolusinya ngak bisa bagimana ni,,

Gan ane baru beli LG LED 32inch support HDMI nah kenapa ya pake kabel hdmi to hdmi no signal terus dan udah ganti pake converter DVI to HDMI tetep aja no signal terus kira2 ada yg tau penyebabnya gak dan beserta solusinya?
Mau coba setting resolusi di PC tp layarnya aja no signal skwkwk

terima kasih artikelnya...

gan pc q Samsung Pentium 2

Kmrn bru beli bekas .

La 1-5 hari itu saya coba ubah fokusnya biar pas..tp kok mlh pas mau tak atur ..kluar tulisan. Di monitor HZ. ?

Udh tak pencat pencet f5/f8 GK mau balik lagi...

Ini solusine op y gan...

Iki kabel cpu/ kbl monitor sak anane ws rantas

Makasih banyaak ya bro artikelnya sangat berguna, tadinya sempet panik gegara salah setting.. Terus kasih masukan yg berguna bro

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...