Cara mengatasi monitor mati karena resolusi terlalu tinggi

Jika agan-agan mensetting resolusi monitor terlalu tinggi atau refresh rate monitor yang terlalu tinggi, ada kemungkinan monitor tidak kuat untuk mengaplikasikannya. Nah, untuk memproteksi diri agar tidak rusak, maka monitor tersebut akan meniadakan gambar dan mematikan dirinya sendiri. Kalo sudah seperti ini, maka monitor tidak akan menampilkan gambar apapun. Kalo monitor agan jenis digital, mungkin akan menampilkan pesan “Out of range” atau sejenisnya. Nah, dalam artikel ini saya akan sharing cara memperbaiki settingan agar monitor yang mati karena setting resolusi terlalu tinggi itu bisa nyala lagi tanpa harus install ulang. Ciri yang paling ketara dari settingan resolusi terlalu tinggi adalah komputer masih nyala seperti biasa, pada saat komputer nyala juga BIOS tampil seperti biasa, tetapi setelah windows progress windows anda muncul, tiba-tiba monitor anda blank.
Pada umumnya resolusi standart yang digunakan 1024 x 768 tetapi untuk kekuatan resolusi tergantung VGA dan monitor. Berikut tips dan trik mengatasinya :
  1. Restart komputer.
  2. Sebelum masuk ke jendela loading windows cepat-cepat menekan tombol F8 untuk memunculkan menu pilihan type booting windows.
  3. Jika sudah muncul menu type booting, maka pilih booting “Enable VGA Mode” dan tekan enter.
Klik gambar untuk memperbesar



  1. Biarkan windows loading seperti biasa, setelah masuk windows nanti tampilan layar dan gambar icon desktop akan menjadi besar-besar. Jika sudah seperti ini maka settingan resolusi desktop sudah menjadi normal kembali dengan resolusi terkecil (biasanya 800 x 600).
  2. Setting ulang dan kembalikan resolusi monitor seperti sediakala (misalnya setting resolusinya menjadi 1024 x 768). Settingnya yaitu klik kanan Desktop pilih Properties. Setelah jendela properties muncul pilih tab settings kemudan atur resolusinya menjadi 1024 x 768, kemudian tekan tombol Ok.
  3. Restart komputer
Selamat dicoba dan semoga berhasil gan....

4 Response to Cara mengatasi monitor mati karena resolusi terlalu tinggi

Anonim
4 September 2012 16.40

Siip...Makasih Gan Atas Infonya...:D

14 Oktober 2012 10.41

gan kmren kan sya otak atik divece manager dan gk sengaja display adapternya saya disable, ee layar leptop ane jad item gan , tu gmn cra btulinnya , mhon pencerahannya gan?

14 Oktober 2012 20.43

coba gunakan langkah diatas gan,

kalau masih tidak bisa coba masuk ke safe mode (cara masuk ke safe mode sama seperti langkah diatas hanya memilih pilihan safe mode saja)

kalau masih nggak bisa juga gunakan system restore pada windows (untuk windows 7 ada di cd installernya)

25 April 2013 23.31

KLO MONItor SAYa (ADVAnce LCD 17") >>> KLO BAckGROUndnYE GELAp, MAti SENDiri ... WKwkwk UD NGA kUAt (MO DiservIS niY ATau MAu gANti BAru), LIAt bUDGEtnYE AJa NANti

aRMStroNG_ProducT@YahOo.co.ID

Poskan Komentar

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...