Cara Mengatasi dan Menyembunyikan Password dari Keylogger

Keylogger, ini apa ya?
Oh iya Keylogger adalah sebuah software yang bisa diinstal di komputer kita, sehingga kita bisa memata-matai pengguna komputer kita. Karena itu kita harus waspada ketika kita mengakses, situs-situs yang memerlukan password dan username, di komputer-komputer publik seperti warnet, komputer kampus, atau mungkin juga komputer teman. Karena bisa jadi di komputer-komputer tersebut sudah terinstall keylogger.



Apa yang di mata-matai Keylogger?
Apapun yang diketikkan di keyboard komputer kita. Tapi tunggu dulu. Ternyata keylogger juga bisa membaca clipboard kita. Artinya jika ada mitos mengatakan “Coba kamu simpan passwordmu di satu file, jadi kan kalo mau ke warnet tinggal copy paste password sama username.. Jadinya kan ga akan kedetek sama keylogger..” Ternyata mitos itu hanyalah sebuat mitos belaka, karena Keylogger juga bisa membaca clipboard kita. Sehingga apapun yang kita ketik di keyboard, dan apapun yang kita copy paste, semuanya akan terekam oleh keylogger.


Lalu bagaimana agar kita bisa aman dari keylogger?
Gunakan Onscreen Keyboard atau keyboeard virtual. Sehingga ga akan terdetek oleh keylogger.. Ups.. Tapi tunggu dulu. Ternyata itu juga hanya mitos belaka. Karena ternyata keylogger juga bisa membaca apa yang diketikkan di virtual keyboard, sama seperti membaca apa yang diketikkan di keyboard biasa. Ya karena cara kerja On Screen Keyboard ataupun Virtual keyboard sama aja dengan keyboard konventional. jadi ga akan pengaruh..

Terus Bagaimana Agar Aman dari Keylogger??
Caranya adalah dengan menipu keylogger tersebut. Caranya??
Keylogger membaca semua yang kita ketikkan di keyboard, virtual keyboard atau pun di clipboard. Sehingga apapun yang kita lakukan di komputer kita, akan terekam semuanya. Karena itu salah satu cara paling mudah, murah, dan efektif agar password dan username kita tidak terekam oleh keylogger adalah dengan menipunya.
Sebenarnya ada cara yang mudah dan efektif dan tidak murah, yaitu membeli software khusus pengaman password dan username, namun yaitu tadi Tidak Murah. Ada juga cara yang murah dan efektif tapi tidak mudah. Yaitu dengan membuat Program sendiri dalam bentuk makro, caranya gimana? Nah itu aku juga ga tau, makanya kau bilang tidak mudah.
Tapi ada cara yang mudah, murah, dan efektif, hal ini yang biasanya aku lakukan di kalau terpaksa harus mengakses situs dari warnet, yaitu dengan menambahkan beberapa karakter pada username dan password kemudian mendeletenya.
Contohnya: aku mau login di yahoo dengan username: ‘akurnia’ dan password: ‘antibajak’. Biasanya aku tambahkan banyak karakter pada username dan password misal username jadi pakuraniatmakan dan password jadi antinyamukbanjark, kemudian karakter yang di garis bawah yang bukan bagian dari password aku blok, dan tekan delete. sehingga yang akan terekam di keylogger adalah pakuraniatmakan{tab}antinyamukbanjark{del}{del}{del}{del}{del}{del} sehingga walaupun apa yang kita ketikkan terekam tetep akan sulit menebak username dan password kita.

Semoga Bermanfaat sobat blogger..
1 Komentar untuk "Cara Mengatasi dan Menyembunyikan Password dari Keylogger"

Terima kasih atas informasinya,jangan lupa mampir di http://www.motogp.unsri.ac.id

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...