Cara Mengatasi Memperbaiki Engsel Laptop atau Body Laptop Pecah Retak Putus Rusak (BAGIAN 1)

Oke gan, sekedar mengingatkan, semua materi blog ini adalah pengalaman pribadi pengetik (ngetik kan bukan nulis), jadi sudah diuji coba oleh pengetik sendiri dan 100% AMPUH.

Pada kesempatan kali ini pengetik ingin berbagi pengalaman mengenai Cara Mengatasi Memperbaiki Engsel Laptop atau Body Laptop Pecah Retak Putus Rusak. Sebagian materi kali ini 50% copas dari blog temen ane, dan 50% dari pemikiran ane sendiri. kenapa 50:50  karena pembahasan kali ini ada 2 pokok permasalahan.




TO THE POINT
Judul tersebut sebenarnya kurang tepat, karena engsel laptop selalu dari logam. Lebih tepatnya adalah body laptop dimana engsel tersebut dipasang. Penyebab pecahnya bagian tersebut ada bermacam-macam, penggunaan yang kasar, jatuh atau kejatuhan barang yang beratnya cukup untuk membuat pecah bagian tersebut dan tidak sampai menghancurkan laptop. Bisa juga dari baut yang kendor sehingga terjadi gerakan setiap kali layar laptop dibuka dan ditutup. Baut baja yang sangat kuat sekalipun bisa patah kalau beban cukup berat dan pemasangannya kurang kencang. Bisa juga dari kualitas plastik body laptop yang kurang bagus, getas (biasanya bahan recycle seperti ini), bentuk yang tipis, sehingga kekuatannya terbatas. Dan kemungkinan terakhir adalah kombinasi dari beberapa contoh diatas.

Pada kasus ini yaitu laptop dengan merk Byon, pembelian Februari 2007, pecahnya bagian tersebut terjadi bulan Oktober 2009. Kemungkinan penyebabnya ada beberapa macam, yaitu :
  1. Plastik body termasuk tipis untuk menahan beban layar laptop pada saat dibuka dan ditutup, karena engsel laptop diberi penahan gerakan agar layar tidak “terkulai lemas” saat digunakan.
  2. Plastik body termasuk kategori getas, mudah pecah.
Proses perbaikan cukup sulit pada bagian membongkar seluruh body. Ini perlu dilakukan karena kabel data dan power LCD tidak bisa dilepas tanpa membuka body laptop. Perbaikan dengan layar LCD masih terhubung menambah resiko putusnya kabel data atau kabel power LCD, atau layar LCD tergores atau terkena tetesan lem besi cair. Jadi untuk lebih aman dan tenang dalam bekerja, sebaiknya dilepas total dari body. Dan ternyata proses melepas layar LCD tidak sesederhana itu, puluhan baut harus dibuka, bahkan pada tempat-tempat yang tersembunyi. Selain baut, body laptop juga diperkuat dengan bentuk “kunci kait” yang melekatkan body atas dan bawah. Perlu kehati-hatian untuk membuka “kunci kait” tersebut, terutama untuk menebak apakah itu baut atau “kunci kait”. Salah tebak dan kurang sabar, akan menyebabkan pecahnya body.

Klik gambar untuk memperbesar

[Kabel data dan kabel power LCD termasuk juga kabel microphone]

Setelah semua baut yang terlihat sudah dilepas, perhatikan juga baut-baut yang tersembunyi. Pada laptop Byon ini, terdapat beberapa baut yang berada di bawah modul WIFI, harddisk dan bahkan baut pemegang heatsink juga berfungsi sebagai baut perekat body atas dan bawah. Perhatikan juga panjang masing-masing baut, warna baut, sebaiknya masing-masing kembali ke tempat semua, untuk mengurangi resiko perbedaan drat atau alur baut, atau perbedaan panjang yang akan mungkin mendorong apa saja di belakang baut tanpa kita sadari. Catat semua yang dilepas, atau difoto untuk lebih mudahnya.



 [Baut yang tersembunyi dibawah modul WIFI]

Setelah layar bisa dilepas, meski ternyata keyboard dan panel tombol power laptop tidak perlu dilepas, proses perbaikan bisa dilakukan. Jangan lupa, sesuai standar perbaikan alat-alat elektronika yang peka listrik statis, sebelum memegang PCB pastikan tangan di-ground-kan dengan memegang lantai. Lebih bagusnya menggunakan gelang listrik statis. Kini bagian yang pecah sudah terbuka dan lebih mudah diperbaiki.


[Bagian yang pecah setelah di lem]

Gambar diatas adalah salah satu pegangan engsel yang pecah. Jangan menunda perbaikan dan simpan seluruh pecahan plastik tersebut, karena laptop di desain dengan presisi milimeter, sehingga pergeseran lokasi dan sudut kemiringan yang berbeda bisa menyebabkan engsel tersebut tidak dapat dipasang, dan bila dipaksakan, dalam waktu yang tidak lama akan pecah kembali, karena beban pada bagian tersebut tidak seimbang. Lem masing-masing bagian yang pecah agar bentuk asal tersusun dengan benar dan posisi serta sudut tetap sesuai aslinya, seperti gambar diatas.


[Penguatan dengan tissue dan lem besi cair]

Setelah bagian pecahan tersebut merekat, sekarang saatnya memperkuat pecahan tersebut dengan peralatan yang cukup sederhana. Langkah-langkah penguatan sebagai berikut :
  1. Potong tissue dengan lebar sama dengan tinggi bagian yang akan diperkuat. Sedikit lebih lebar lebih baik daripada kurang. Karena tissue terdiri dari dua lapisan, maka pisahkan, ini agar lebih mudah saat nanti ditempelkan.
  2. Potong tonjolan plastik yang akan mengganggu proses pelapisan selanjutnya, buat agar bagian yang akan dilapis benar-benar datar agar seluruh permukaan bisa ditempeli tissue dengan mudah dan tentunya beban pada bagian itu akan terbagi rata ke seluruh permukaan.
  3. Beri sedikit lem pada bagian yang pecah, hanya untuk menempelkan ujung potongan tissue agar mudah diatur arah dan bentuknya.
  4. Tempelkan tissue dengan bantuan ujung obeng kecil atau pinset, biarkan agak kering agar tidak lepas saat sedikit ditarik pada langkah berikutnya.
  5. Lingkarkan tissue sisanya mengikuti bentuk yang sedang diperkuat, tahan, dan beri lem besi pada tissue, cairan lem akan meresap dan membasahi tissue, sehingga tissue akan menempel pada plastik body. Lapiskan tissue berikutnya setelah lapisan sebelumnya sudah kering.
  6. Pastikan setiap lapisan rapi dan menempel cukup ketat, tidak terdapat rongga udara atau rongga yang hanya berisi lem diantara lapisan tissue.
  7. Bila terdapat pecahan plastik yang hilang, masukkan lapisan tissue pada langkah ke empat ke dalam pecahan tersebut, ini dilakukan untuk memegang mur kuningan agar tidak lepas saat nanti baut engsel diputar.
  8. Pasang hingga beberapa lapis dengan lebar potongan pada langkah pertama. Kemudian buat potongan yang sedikit lebih lebar, ini untuk membentuk tempelan yang melebar di bagian dasar. Anggap saja seperti membuat pondasi dimana bagian bawah lebih lebar dari bagian pondasi atas.
  9. Lapiskan berkali-kali sesuai selera dan rasa aman anda, pada kasus ini tebal lapisan saat kering sekitar 3mm, kira-kira 12-15 lapisan tissue. Buat lapisan yang cukup tebal dan kuat.
  10. Rapikan lapisan tissue tadi dengan kikir kecil, tentunya setelah lem benar-benar kering. Pastikan tissue dikikir hingga benar-benar sama tinggi dengan mur kuningan, efek tarikan saat baut di-”keras”-i bisa merusak pekerjaan dari langkah satu hingga langkah tujuh yang memakan waktu beberapa jam.
  11. Kikir juga bila ada bagian dari lapisan tadi yang mengganjal bagian lain dari engsel layar LCD. Ini salah satu tujuan dimana dengan lapisan yang lebih tebal, saat bagian lain di tipiskan dengan kikir, bagian lagi masih cukup tebal dan kuat menyangga keseluruhan beban.

 
[Hasil akhir lapisan]

Pada saat memasang kembali seluruh peralatan laptop yang tadi dilepas, bersihkan dahulu pasta lama pada processor dan heatsink, beri pasta baru agar penyaluran panas tetap berjalan baik. Pasang semua baut dengan cukup kencang, tidak terlalu kencang dan tidak longgar. Pasang semua peralatan dan kabel dengan benar, standar yang ada, semua pengkabelan pada komputer dan laptop dibuat agar tidak mungkin terbalik atau tertukar. Jangan dipaksa bila tidak bisa masuk, berarti salah atau posisinya kurang tepat.



[Processor dan sisa pasta yang harus dibersihkan]

Penggunaan lem besi cair dan tissue ini dengan alasan praktis dan kekuatan yang maksimal. Metode ini digunakan pada pembuatan kapal kecil atau perahu dari bahan fiber glass. Menggunakan resin dan serat kaca atau fiber glass, sama juga dengan kasus ini, menggunakan lem besi cair dan tissue. Kertas bisa juga digunakan, namun penyerapan cairan lem jauh lebih susah, kertas lebih padat daripada tissue.



[Peralatan yang digunakan]

Peralatan yang digunakan cukup sederhana. Lampu meja untuk penerangan, senter bila diperlukan, double tape bila diperlukan, gunting, tissue, lem besi cair, dalam kasus ini menggunakan merk Loctite, isinya cukup banyak, keringnya lebih lambat dibandingkan merk Alteco, cukup susah merapikan tissue bisa terlalu cepat kering. Kuas dan sikat untuk membersihkan, pisau lipat untuk mencongkel “kunci kait” karena permukaan lebar dari pisau mengurangi cacat pada body plastik dibandingkan mencongkel dengan obeng.

Tang kecil, satu set obeng kecil, minyak pelumas dengan SAE rendah, agar penahan gerakan layar LCD sedikit lebih licin, pasta untuk heatsink, tempat untuk menampung semua baut dan peralatan kecil yang dilepas. Alas meja agar bagian punggung LCD tidak tergores saat proses pembongkaran body. Dan terakhir adalah kopi dan snack :D Proses pengerjaan cukup lama, sekitar 8 jam bersih, proses membongkar dan saat membuat lapisan penguat dari tissue adalah dua proses yang paling lama. Perakitan kembali bisa diselesaikan tidak sampai 30 menit. Di THR Surabaya Mall juga ada tukang reparasi untuk permasalahan yang sama, namun rasa puas yang didapat jauh lebih besar bila berhasil memperbaikinya sendiri. 

BERSAMBUNG KE BAGIAN 2
KLIK DISINI
4 Komentar untuk "Cara Mengatasi Memperbaiki Engsel Laptop atau Body Laptop Pecah Retak Putus Rusak (BAGIAN 1)"

mantab gan, silahkan lanjut postingannya

kalo beli ondernya aja kira-kira ada gak ya.. biar sipel comot dan pasang yg baru, krn riskan banget kalo main pake lem, takutnya trjd kecelakaan tumpah kemana-mana.

saya lagi kena rusak engsel tp blm bisa ngebuka cover atasnya.. pengen liat gambar engselnya kaya apa, di postingan gambarnya kurang jelas posisinya, klo dari gambarnya jelas banget karena zoom tapi letaknya dimana bingung,, tolong bantuannya donk gan, laptop aku acer 4520.thanks ya

Gan,sy punya masalah dengan laptop dell ku, semua tempat baut yg ada diengsel laptopku Pecah, pd saat sy mau pasang ulang, lcdnya itu sudah goyang terpaksa laptopku tanpa lcd krn tdk bisa pasang lcd,lantaran tempat engselnya yg pecah.
Gan solusinya gimana dong ? trs cek diinternet ngaa ada orang yg jual casing laptop. trs itu laptop, laptop kesayangan aku. masih 1 tahun. sy bongkar krn ingin ganti hardisknya.
Plis caranya bagemana gan? klo boleh balas ke email sy gan :) mcuhavidz@yahoo.co.id

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...