Harddisk atau Drive Terdeteksi tetapi tidak tampil di explorer


Sungguh panik sekali gan pertama kali ane mengalami hal ini, tetapi sekarang ane tidak panik lagi setelah ane mengetahui cara mengatasinya. Cerita ini dimulai waktu ane memutuskan bermigrasi dari Windows 7 ke Windows 8. Selama ane menggunakan windows 7 ane mempunyai partisi aktif yaitu Harddisk 1 ( Drive C:) dan (Drive E:) sedangkan Harddisk 2 (Drive D:) semua Harddisk tersebut berisi data penting.

Petaka muncul setelah ane menginstal Windows 8, Harddisk ane tinggal Harddisk 1 ( Drive C:) dan Harddisk 2 (Drive D:). Kemana Drive E: (Mampus ane)

Klik gambar untuk memperbesar


Buru-buru ane cek ke Device Manager gan, anehnya Harddisk ane kedetek semua dan partisinya juga kedetek. Tapi aneh benar-benar aneh karena tidak muncul juga di explorer. Malah yang keluar system reserved.



Kemudian setelah ane cari dan ane cari ternyata masalahnya adalah pada drive letternya. Iya drive letter pada partisi harddisk ku ada yang hilang.

Klik gambar untuk memperbesar


Untuk mengembalikannya adalah klik menu File di Windows Explorer kemudian pilih "Manage"

Klik gambar untuk memperbesar

Perhatikan gambar diatas, Harddisk dengan label Data 2 tidak mempunyai driver letter seperti Harddisk Data 1 yang mempunyai drive letter F:

Ini penyebab kenapa Harddisk ane gak tampil di Explorer, untuk mengatasinya kita harus memberikan secara manual drive letter untuk Harddisk Data 2

Caranya adalah klik kanan pada Harddisk yang tidak mempunyai drive letter tersebut kemudian pilih dan klik "Change Drive Letter and Path"

Klik gambar untuk memperbesar

Kemudian pada "Assign the following drive letter :" pilih drive letter yang diinginkan.
Misal yang ane gunakan adalah E: (Dengan syarat E: belum digunakan oleh drive lain)

Klik gambar untuk memperbesar


kemudian klik OK,

Tara.....
inilah hasilnya, Harddisk Data 2 sudah mempunyai drive letter dan sudah bisa diakses di Explorer.
Sebenernya hal seperti ini sederhana dan mudah banget gan, ane dulu juga pernah ngalami beberapa kali tapi sering terlupakan. Maka dari itu ane tulis di blog ini. Semoga bermanfaat ya gan.

15 Response to Harddisk atau Drive Terdeteksi tetapi tidak tampil di explorer

Anonim
22 Februari 2013 05.47

kalau dari 7 ke 8 berat gak bang admin, spec laptopku : asus intel b950 @2.1 GHz memory 2 gb vga 1 gb nvidia? terima kasih sukses ya.

22 Februari 2013 19.05

Spesifikasi seperti itu ringan gan untuk menjalankan windows 8

Anonim
18 April 2013 23.57

Terima Kasih infonya, akhirnya keluar juga HD ku, hehe

Anonim
21 Mei 2013 21.32

terimakasih banyak ya mas muklas, berkat info mas muklas akhirnya hd external aku bias terbaca.

Anonim
1 Juni 2013 18.00

Thanks banget gan

13 Juni 2013 05.00

kalau di windows 7 managenya dimana yaa??

24 Juli 2013 17.51
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
24 Juli 2013 17.51

Bagaimana dng hardisk yg unlocated??

Anonim
19 Agustus 2013 23.44

gan saya mau tanya juga saya baru aja mengalami problem ini hard disk sata saya 500 gb new volume yang udah kepake 200 gb ini di eksplorer tidak ada tetapi di bios ama di device manager nya kebaca kira - kira menurut anda sama gak cara ini pada windows xp terus data nya tetep ada ga tolong dibantu....!!

22 Agustus 2013 21.16

Untuk win xp sama aja gan. Mungkin nanti langkah langkahya sedikit berbeda. Agan tau sendiri kan antara win xp 7 dan 8 berbeda disegi tampilan.
Untuk data tidak hilang. Tetapi kalo sudah di partisi ulang data bisa hilang gan.

Anonim
7 Desember 2013 18.38

mkasi banyak boss

Anonim
24 Desember 2013 06.07

simple tapi work :)

kerennnnn

5 Maret 2014 19.35

owh... itu tho masalahnya..
terimakasih.

6 April 2014 11.08

Maaf...saya mau berbagi info.
Bagi teman - teman yang mengalami kerusakan HARDDISK
bisa dikonsultasikan atau di servis ertech komputer.
Alamat: Jl.karang rejo X/36 surabaya (daerah ketintang)
Hub : 081330029001 / 085707133666

http://www.ertechcomputer.blogspot.com

Disini memang spesialisnya HARDDISK.

Semoga sukses.....teman2…!!

3 Juni 2014 17.03

Thanks banget......

Sudah lama bingung tentang hal ini, hampir aja saya instal ulang laptop saya saking frustasinya....

Big Thx

Poskan Komentar

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...