Cara Membongkar Printer Canon MP258

Oke agan-agan semua, kemarin barusan dapat pasien printer mp258 dengan kerusakan kertas keluar tapi kosongan dan setelah itu error paper jam. Setelah diselidiki ternyata ada kotoran yang masuk sehingga menutupi sensor yang mengakibatkan dinamo bergerak terus sampai paper jam.

Untuk membersihkan sensor sangat mudah, tinggal gunakan kuas selesai. Tapi masalahnya cara bongkar ne printer yang ribet. Oke kali ini tutorialnya adalah cara membongkar printer Canon MP258.

Langkah pertama :
buka baut yang sudah ane tandai lingkaran merah pada gambar dibawah
Klik gambar untuk memperbesar

Setelah baut dilepas kemudian lepas sandaran kertas.
Klik gambar untuk memperbesar

Setelah terlepas kemudian kita lepas penutup samping, pada penutup samping tidak ada baut yang ada hanya pengait-pengait kecil. Ini yang sudah, kita harus mencari posisi membuka yang pas agar tidak ada yang pecah nantinya.

Klik gambar untuk memperbesar





Klik gambar untuk memperbesar




Klik gambar untuk memperbesar




Oke tutup samping sudah terbuka, sekarang sudah kelihatan sensor yang kotor bisa kita bersihkan.
lingkaran pada gambar dibawah adalah sensor yang kita bersihkan.
Klik gambar untuk memperbesar




Sekarang kita beralih ke tutup samping yang satunya.
untuk membuka tutup panel atas kita bisa langsung mencongkelnya.
Klik gambar untuk memperbesar




Untuk membuka tutup samping satunya kita gunakan langkah yang sama dengan sebelumnya.

Sedangkan untuk melepas scanner dari printer kita lanjut ke gambar selanjutnya.
Lepas 2 kabel data pada printer. Lihat gambar dibawah :
Klik gambar untuk memperbesar




Kemudian lepas penyangga scanner pada printer
Klik gambar untuk memperbesar

Setelah kabel data terlepas kemudian posisikan scanner tegak lurus dari printer dan angkat keatas.

Lanjut ke tutorial berikutnya.
Kita lepas panel printer. cara melepas panel printer kita lepas dulu kabel data dan keluarkan dari panel printer.
Klik gambar untuk memperbesar




Klik gambar untuk memperbesar




kemudian angkat lepas semua baut pada panel, kalau tidak salah ada 5 baut. jika sudah lepas dengan hati-hati karena pada panel masih ada pengait kecil-kecil yang mengunci.

Oke jika sudah selesai beginilah hasilnya :
Klik gambar untuk memperbesar





Oke cukup sampai disini saja ya, ini printer orang. ntar dimarahin kalau di oprek total.
Kasusnya cuma sensor disk kok malah bongkar scanner sama panel. wah ketahuan bisa bahaya.
Silahkan dilanjutkan sendiri oke.

46 Response to Cara Membongkar Printer Canon MP258

Anonim
18 November 2012 03.26

Bagai mana cara mengeluarkan kertas yang tersangkut didalam printer canon mp258??? Mohon bantuannya gan.

Anonim
19 November 2012 09.08

mas gmana cara mengatasi print cannon Mp258 yang tibaba tidak merespon....

27 November 2012 09.48

Kalau kertas nyangkut coba tarik aja dari atas.
Tapi kalau ditarik kemudian kertas sobek didalam printer ini yang ribet.

Coba aja gunakan kertas tebal seperti kertas undangan atau kertas sampul makalah. terus lakukan printing menggunakan kertas tersebut supaya sobekan kertas tadi bisa terdorong keluar.

kalau masih nggak bisa bisa gunakan pinset kemudian di cari celah-celah untuk menarik sobekan kertas lewat dalam printer.

27 November 2012 09.52

mp258 memang banyak kasusnya, kalau tidak merespon coba lakukan langkah berikut ini :
1. Pastikan printer status tidak "Pause"
2. Pastikan printer status "ready"
3. Pastikan tidak ada antrian dokumen pada printer

kalau langkah diatas sudah OK semua tetapi masih gak respon biasanya ada yang gak beres. Ini butuh analisa lebih jauh lagi. Untuk sementara bawa saja ke Jasa Service Printer

18 Januari 2013 06.47

sensor disknya Di bersihinya pake apaan kang ??

19 Januari 2013 09.54

Sensor bisa dibersihkan pakai kuas putih atau tisu.

17 Februari 2013 18.40

Ane dapet pesan E.0.3 gan..
Ane udah coba bershin senror yg dgambar.. tp tetep aja dapet pesan code gtu..
Gmana yah gan..

3 Mei 2013 14.39

Gan cara membersihkan sensornya gmn?
kalau terkena kulit secara langsung apa ga kenapa2 tuh?

4 Mei 2013 13.28

kena kulit gak masalah, bersihkan pakai kuas aja bisa. kalo encoder bersihkan pakai tisu

10 Mei 2013 12.29

kalau cara bongkar printer mp258 untuk diambil pompanya itu gimana gan..???

11 Mei 2013 05.31

Kalo bongkar pompa tinggal cabut aja gan, paling-paling ada satu dua pengait yang perlu diberesin.

13 Mei 2013 11.40

Gan, printer mp258 ane ada masalah paper jam, gmn solusinya?

14 Mei 2013 08.27

paper jam biasanya ada benda asing yang masuk lewat tempat kertas yang atas, maaf gan masih belum sempat buat tutorialnya.

Anonim
3 Juni 2013 18.58

Ane dapet pesan E.0.3 gan..
Ane udah coba bershin senror yg dgambar.. tp tetep aja dapet pesan code gtu..
Gmana yah gan..

5 Juni 2013 17.56

E03 banyak kemungkinannya gan, coba cek gear. Biasanya gear yang patah bisa mengakibatkan error E03. Gear belakang ya gan.

24 Juni 2013 21.20

gan, cara lepas timing disk canon ip1980 gimana gan?? ane newbie jd masih bingung cara lepas nya soalnya ane mau ganti timing disk nya..

24 Juni 2013 22.02

itu cuman nempel aja gan, tinggal cabut aja pelang-pelang gak usah bongkar gearnya.

19 Juli 2013 08.26

mas mukhlas ganteng ..
cara bersihin buletan plastik deket sensor yg kena tinta gimna ?
saya korek" malah lecett plastiknya

19 Juli 2013 22.30

mas mukhlas,
printer saya mp250. sering muncul eror e.0.3. pada saat print, kertas sering berhenti di tengah jalan, atau menarik kertas pada saat posisi tidak sedang print. thx atas info nya bro.

19 Juli 2013 22.38

mas mukhlas,
printer saya mp250. sering muncul eror e.0.3. pada saat print, kertas sering berhenti di tengah jalan, atau menarik kertas pada saat posisi tidak sedang print. thx atas info nya bro.

20 Juli 2013 13.07

Pengalaman saya encoder atau sensor yang terkena tinta mustahil untuk dibersihkan. selama cipratan tinta yang mengotori sensor tidak sampai menutupi 1 node secara penuh pada sensor tidak menjadi masalah.

20 Juli 2013 13.09

coba reset gan, ane belum posting masalah tersebut. coba di blog temen ane yang lain. Sudah banyak yang posting.

10 September 2013 21.31

Mantap toritorialnya gan, oya saya punya bermasalah pada power supplynya mau coba bongkar sendiri tapi belum dapat-dapat spare partnya di tempat kami, bisa kasi solusi gan..

Anonim
11 September 2013 08.36

Mas Mukhlas,... gimana cara nya masang pipa pembuangan tinta di printer canon mp258..
gk sengaja pipa pembuangan nya ke tarik sampe copot,.. mohon bantuan nya mas,...

16 September 2013 06.53

power supply bisa cari di toko komputer gan, atau coba belikan second tapi yang masih bagus. biasanya ditempat service komputer printer banyak gan barangnya.

16 September 2013 06.55

pasang pipa pembuangan cukup bongkar tutup belakang printer. kalo dipostingan ini yang gambar pertama dan kedua(itu tutup belakang)

kalo sudah terbuka nanti kelihatan selang pembuangannya. tinggal dipasang tabung diluarnya (biasanya ditambah selang lagi biar tambah panjang, tapi tanpa selang lagi sebenarnya juga sudah bisa)

30 Oktober 2013 11.04

Gan... MP258 ane kalo dihidupkan selalu keluar code error P10, tapi kalo dibiarin lama sambil kedip2, terus ane matiin powernya, kemudian ane pijit lagi agak lama terus ane pijit tombol stop/reset, baru displaynya nunjukin angka 1 dan bisa di pake ngeprint.
Tapi setiap hari selalu seperti itu..., ada solusi nggak biar begitu tombol power dipijit printernya bisa langsung di pake...
Makasih gan...

Anonim
7 Desember 2013 09.27

Gan ane salah sasaran nih, mau isi ulang tinta, yang ane lubangin bukan cartridge nya tapi tabung infusnya ane lubangin dari atas, jadinya kok tintanya tumpah semua, trs gimna cara lepasin catridge buat diisi ulang? tlong bantuannya, ane masih belajar ..thanks

Anonim
30 Desember 2013 17.18

Terima kasih. Good Luck...

Anonim
10 Januari 2014 20.16

Mas gimana cara lepas adaftor canon mp258,,
tolong gbr tutorialnya

amin malang
20 Januari 2014 23.45

Maaf mas.Saat ngeprint kertas cuman ketarik separuh.habis itu macet gak bisa ngeprint.muncul E02.kira2 apanya ya mas.intinya bisa menarik kertas tp macet gak bisa ngeprint.makasih sebelumnya

3 Februari 2014 10.02

mas apa kah ada orang ngejual kabel print mp258? dan cara membuaka cabel yang terpasang dengan katrid nya gimana?

3 Februari 2014 10.02

mas apa kah ada orang ngejual kabel print mp258? dan cara membuaka cabel yang terpasang dengan katrid nya gimana?

10 Februari 2014 07.21

mau beli kabel coba cek di fastprint.co.id

18 Maret 2014 20.50

printer gw paperjam melulu, gw bongkar gk ada yg tersangkut, dinamo cartridgenya cuma muter ke 1 arah aja (alias cartridgenya gerak ke kanan melulu, gw tarik ke kiri, pas dinyalain ke kanan trus sangkut gtu melulu). gk bolak balik. gmn tuh gan?

Anonim
18 Maret 2014 21.33

gua dah pusing dengan printer ni, rasanya ingin ngebanting aja karena dijual juga ditawarnya murah banget jadi mendingan dibanting terus dibuang ke tempat sampah dan dibakar sampai hancur beres deh gak bakalan pusing lagi

Anonim
6 April 2014 12.23

mas kalo kertas otomatis ngeprint sendiri terus kertas yang kedua berhenti ditengah itu cara ngatsinnya gimana ya mas

Anonim
25 April 2014 09.59

wah keren banget sangat membantu, go on

19 Mei 2014 11.32

sip

31 Mei 2014 23.02

Aslm kl tiba2 scaner tdk dpt beroprrssi mucul code 5,155,55. Medti gmn????

29 Agustus 2014 07.55

Thanks sarannya, sya coba dlu moga berhasil

2 Desember 2014 12.37

Gan printer ane pas narik kertasnya masuknya miring ga lurus al hasil kertas lsg lecek. Itu knp ya? Apa ada yg nyangkut di rollnya apa bgaimana

2 Desember 2014 12.51

Kalo masuknya miring biasanya tempat kertas yang atas itu kemasukan benda asing, Pernah saya ada customer seperti itu. Ternyata ada uang koin masuk ke printer lewat tempat masuk kertas yang dari atas.

Sering saya dapat pasien seperti itu, macem-macem bendanya, ada koin, ada pines, ada tutup spidol, ada remukan dinding juga malahan.

Solusinya ambil benda asing tersebut, cara ambilnya bisa lewat dalam (cara ini harus mengangkat roller kertas bagian dalam) atau lewat atas jika masih bisa dijangkau.

Kalo saya ada pasien seperti itu lagi akan saya dokumentasikan untuk dijadikan tutorial.

2 Desember 2014 14.07

Wah iya sprtinya krna ada yg nyangkut. Mngkin pines soalnya dd atas printer ada mading. Saya coba bongkar dlu. Wah mksh bnyyak msknya salam jempol..

7 Desember 2014 15.04

Gan, Ane punya printer canon IP 1980, print kertasnya miring kemudian macet, sdh saya cek dan bongkar As Roda penarik kertasnya tidak patah, kemungkinan apanya ya gan? bantu saya....

8 Desember 2014 07.19

Apa tidak kemasukan benda asing Pa Maf Rudin.

Biasanya lewat tempat kertas yang atas kemasukan benda asing.

Poskan Komentar

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...