Membuat Koneksi dan coding VB6 ke MySQL

Walaupun VB6 udah jadul, tapi ane tetap semangat untuk posting ne pemrograman. Oke SEMANGAT.

Postingan kali ini adalah bagaimana cara mengkoneksikan VB6 ke database MySQL
Pertama-tama buatlah database di MySQL, sebagai contoh saya membuat database "Purnama_Barang" dengan tabel "user" menggunakan phpMyAdmin

Klik gambar untuk memperbesar
Ralat :
pada gambar diatas jenis field integer seharusnya varchar
kemudian isikan didatabase minimal 1 user untuk tes program

Kemudian buatlah sebuah project di VB6
Klik gambar untuk memperbesar


Saya menggunakan dua form, satu form utama dan satu lagi form login
jadi selain tutorial koneksi database, postingan kali ini juga membahas tentang membuat form Login  / menu Login

untuk form login saya gunakan 1 form, 2 label, 2 textbox, 2 command button
untuk form utama terserah anda saja

Form login :
  • frmLogin
  • txtNama
  • txtPassword
  • cmdOK
  • cmdExit
 Form Utama
  • frmUtama

Kemudian buatlah module pada project VB6 Anda.

Klik gambar untuk memperbesar
kemudian ketikkan coding berikut di module Anda

'==========================================================
Public strkoneksi As String
Public conn As New ADODB.Connection
Public rsUser As New ADODB.Recordset



Public Function Koneksi() As Boolean
'settingan koneksi
On Error GoTo er
'koneksi string ke mysql konektor
strkoneksi = "DRIVER={MySQL ODBC 5.1 Driver};SERVER=" & "localhost" & ";DATABASE=" & "hippam" & ";UID=" & "root" & ";PWD=" & "admin" & ";PORT=" & "3306" & ";OPTION=3"

If conn.State = adStateOpen Then conn.Close

conn.Open strkoneksi
conn.CursorLocation = adUseClient


'buka tabel database
    rsUser.Open "SELECT nama,Password FROM user", strkoneksi, adOpenKeyset, adLockOptimistic

If conn.State = adStateOpen Then
    Koneksi = True
    Exit Function
Else
    Koneksi = False
    Exit Function
End If
Exit Function

er:
Koneksi = False
 MsgBox "Gagal Loading Database", vbInformation, "Database Error"
End Function
'==========================================================

Klik gambar untuk memperbesar

Sekarang cobalah tekan F5 pada VB6 anda, dan jika terjadi error seperti gambar dibawah ini
Klik gambar untuk memperbesar

 Hal ini terjadi karena VB6 tidak mengenai type ADODB.Connection
Untuk itu kita harus menambahkan preferences library pada VB6 agar dapat mengenali type tersebut.
Untuk menambah library klik  Project -> Preferences

Klik gambar untuk memperbesar
Kemudian cari dan centang Microsoft ActiveX Data Objects 2.6 Library
Klik gambar untuk memperbesar
Kemudian klik OK
Sekarang coba tekan lagi F5 dan pastikan tidak ada error, jika sudah tidak ada error kita lanjut ke tahap selanjutnya, Close dulu hasil F5 program.

kemudian ketikkan baris kode berikut ke form login

'==========================================================
Private Sub cmdExit_Click()
    End
End Sub

Private Sub cmdOK_Click()
Call Koneksi
    If txtNama.Text = "" Then
        MsgBox "NAMA USER MASIH KOSONG !", vbCritical + vbOKOnly, "Error"
        txtNama.SetFocus
    ElseIf txtPassword.Text = "" Then
        MsgBox "PASSWORD MASIH KOSONG !", vbCritical + vbOKOnly, "Error"
        txtPassword.SetFocus
    Else
        SQL = ""
        SQL = "SELECT * FROM user " _
            & "WHERE Nama='" & txtNama.Text & "' " _
            & " AND Password='" & txtPassword.Text & "'"
            Set rsPeriksa = conn.Execute(SQL)
                  
        If Not rsPeriksa.BOF Then
            Unload Me
            frmUtama.Show
        Else
                MsgBox "ANDA BUKAN USER YANG BERHAK!", vbCritical + vbOKOnly, "Error"
        End If
    End If
End Sub
'==========================================================

Sekarang coba tekan F5 lagi dan coba lakukan login.
Selamat Mencoba.



9 Komentar untuk "Membuat Koneksi dan coding VB6 ke MySQL"

kk kok aku nggak bisa konek,tolong bantu dong kk

biasanya kalo gak bisa konek pasti ada peringatannya, bisa tolong beri tahu saya peringatan apa yang tertulis. sehingga saya bisa lebih spesifik menerangkannya.

kk add fb saya dong
biar bisa chat
Lasidaaziz@yahoo.co.id

KK Kalau Mau Koneksiin Ke Database Online,Kay Hosting,idHostinger/00webhost,itu gimana ?

kalo database online tinggal rubah alamat server saja, dan cocokkan database sama password.

ga bisa konek gan , keluar di msgbox nya , gagal loading database

"Gagal Loading Database" terus knp yaaz??

baris "rsPeriksa....
gak mau omm. debug nya itu..

Gan, saya bikin module menggunakan odbc versi 5.1 bisa.. tetapi masalahnya ketika menggunakan odbc terbaru versi 6.1 kenapa module koneksi nya error ya? Versi driver di koneksi apa ya gn? Kalo tau boleh dong sharing. Thanks infonya gan.

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...