Friday, February 3, 2017

Menginstal Windows 7 di Laptop Toshiba Satellite C840


Beberapa hari yang lalu ada service masuk Toshiba Satellite C840 dengan keluhan dari customer ingin menggunakan windows 7 di laptop tersebut, sedangkan pada saat itu yang terinstal di laptop adalah windows 8. Menurut customer ada beberapa aplikasi administrasi kantor yang tidak berjalan baik di windows 8, dan customer tersebut cerita bahwa sebelum itu laptop dibawa ke tempat saya sempat dibawa dulu ke tempat service lain dan teknisi service lain tersebut bilang bahwa laptop tersebut tidak bisa
diinstal windows 7, bisanya windows 8. Tetapi saya tidak percaya begitu saja, hal tersebut harus dipastikan terlebih dahulu. Langkah awal untuk memastikan OS apa saja yang support pada laptop adalah dengan mengunjungi web support dari pabrikan laptop tersebut. Saya mengunjungi web resmi support dari toshiba dan saya melakukan cek untuk seri Satellite C840, driver untuk windows apa saja yang tersedia di web toshiba support tersebut.
Dan ternyata Toshiba C840 support windows 7 mulai baik 32bit maupun 64bit. Oke saya terima laptop tersebut untuk dikerjakan.

Keesokan harinya mulailah saya melakukan instalasi windows 7, data sudah aman, jenis driver VGA, Bluetooth, Wireless, Ethernet semua sudah dicatat. dan saya langsung booting ke Windows 7 melalui flashdisk. Dan apa yang terjadi, walaupun saya sudah memilih booting usb flashdisk tetapi flashdisk saya tidak berjalan dan laptop langsung masuk ke windows 8 yang sudah terinstal. Sepertinya ada yang salah ini, saya coba sampai 3 kali dan hasilnya nihil. Apa usb flashdisk saya yang rusak ini, saya coba jalankan booting di laptop lain flashdisk berjalan normal. Dan saya mulai sadar dan teringat bahwa ada beberapa laptop yang menggunakan fitur UEFI dan ini tidak akan berjalan pada bootable windows yang bukan UEFI. saya kemudian cek bios untuk memastikan dan ternyata benar saja. fitur UEFI aktif, langsung saya matikan dan saya mulai ulang booting windows lewat flashdisk dan tara.... SUKSES gan.

oke berikut cara setting BIOS Toshiba Satellite C840 untuk windows 7.
1. Masukan ke menu BIOS terlebih dahulu dengan cara menekan tombol F2, kalau tidak bisa masuk coba tombol kombinasi Fn + F2

2. Kemudian pilih menu "Advance" dan pilih "System Configuration"

3. Rubah pengaturan "SATA Controller Mode" menjadi "Compatibility"
rubah juga pengaturan "BOOT Mode" menjadi "CSM Boot"
seperti pada gambar dibawah ini

Kemudian tekan F10 dan YES (simpan dan keluar), kemudian lakukan booting ke flashdisk seperti biasa anda melakukan instal windows pada umumnya. InsyaAllah penyakit laptop Anda akan hilang seketika.

Semoga kisah menyedihkan ini menginspirasi Anda untuk tetap berusaha didalam setiap kesulitan, dan semoga coretan ini bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Jangan lupa ramaikan komentar ya, walaupun hanya sekedar menulis "THANKS". Dan jangan lupa like halaman Facebook Cara-mukhlas. Kalau ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau langsung ke halaman Facebook Cara-mukhlas. Sampai jumpa di Postingan selanjutnya.

6 comments:

  1. gan mau tanyak nih di menu advancel saya kok gak ada boot mode nya yah? ada solusi !! soalnya saya instal sudah sampai 100% gagal lagi dia !! solusi dong gan !! Fast

    ReplyDelete
  2. Sama...toshiba satellite l635 saya jg gk ada menu boot modenya...4hari gagal trus sampe mau mati gk kerja2

    ReplyDelete
  3. Sama...toshiba satellite l635 saya jg gk ada menu boot modenya...4hari gagal trus sampe mau mati gk kerja2

    ReplyDelete
  4. Masalah saya sama dengan diatas...
    Solusi gmn nih....kagak bisa instal ulang....

    ReplyDelete
  5. Saya juga gak ada tampilan boot mode boss

    ReplyDelete

Ayo gan Komentarnya jangan lupa,,,biar Mas Mukhlas tambah semangat nulis postingan-nya, kalau ada pertanyaan atau link yang mati laporkan juga disini ya...

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...